PENINGKATAN PEMANFAATAN JAM BELAJAR EFEKTIF MELALUI PENYUSUNAN PROGRAM TAHUNAN DAN PROGRAM SEMESTER PADA SEKOLAH DASAR

Authors

  • Sukarno Sukarno Pengawas TK/SD UPTD Pendidikan Kecamatan Tanggungharjo

DOI:

https://doi.org/10.24114/js.v1i2.7339

Abstract

Abstrak : Peningkatan Pemanfaatan Jam Belajar Efektif Melalui Penyusunan Program Tahunan Dan Program Semester Pada Sekolah Dasar. Tujuan penelitian meningkatkan penggunaan waktu pembelajaran efektif bagi sekolah melalui penyusunan program tahunan dan program semester. Subjek penelitian adalah guru dan sekolah, penelitian dilaksanakan dalam 3 siklus. Jenis data yang digunakan adalah data kualitatif berupa deskripsi kualitatif dengan membandingkan kondisi awal dengan setelah tindakan penelitian. Data kualitatif diperoleh dengan teknik observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian secara kualitatif guru dalam menggunakan jam efektif pembelajaran masih rendah, dibuktikan dengan waktu istirahat pembelajaran terlalu lama, meninggalkan tugas mengajar untuk kegiatan lain, dan waktu efektif pembelajaran digunakan untuk mengerjakan administrasi sekolah.Kata Kunci : program tahunan dan program semester, penggunaan waktu efektif pembelajaran.

Author Biography

Sukarno Sukarno, Pengawas TK/SD UPTD Pendidikan Kecamatan Tanggungharjo

Pengawas TK/SD UPTD Pendidikan Kecamatan Tanggungharjo

Downloads

Issue

Section

Articles