PENERAPAN PENDEKATAN PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPS SISWA KELAS IV SD
Abstract
Abstrak : Penerapan Pendekatan Problem Solving untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas IV SD. Tujuan penelitian untuk memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar. Subjek dalam penelitian siswa kelas IV SDN 006 Bangkinang Kota. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan tes, observasi, wawancara dan catatan lapangan. Hasil penelitian dari setiap siklus yang telah dilaksanakan terlihat adanya peningkatan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata tes awal yaitu 5,5 selanjutnya nilai rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I adalah 6,4 dan pada siklus II nilai rata-rata hasil belajar siswa adalah 8,1.
Kata Kunci : Pendekatan Problem Solving, Hasil Belajar, Ilmu Pengetahuan Sosial
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/js.v1i2.7340
Article Metrics
Abstract view : 1982 timesPDF - 2521 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 1970 Rizki Ananda
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.