PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA

Authors

  • Ellys Simanjuntak Guru SMP Negeri 1 Gunung Meriah

DOI:

https://doi.org/10.24114/js.v1i2.7342

Abstract

Abstrak : Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika. Tujuan penelitian untuk melihat hasil belajar dan aktivitas belajar siswa saat bekerja dalam kelompok dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament. Subjek penelitian kelas IX-1 SMP Negeri 1 Gunung Meriah dengan jumlah siswa 23 orang. Hasil belajar siswa pada siklus I dan siklus II menunjukkan secara individu tuntas sebanyak 12 orang siswa, dan 22 orang siswa. Dengan nilai rata-rata untuk formatif I dan formatif II adalah 70,4 dan 87,8. Peningkatan dan ketuntasan hasil belajar terjadi karena guru menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament.Kata Kunci : Kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT), Aktivitas Belajar Siswa, Hasil Belajar Siswa.

Author Biography

Ellys Simanjuntak, Guru SMP Negeri 1 Gunung Meriah

Guru SMP Negeri 1 Gunung Meriah

Downloads

Issue

Section

Articles