PENGGUNAAN METODE TUTOR SEBAYA DALAM MENINGKATKAN KETUNTASAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TIK DI KELAS VIII-D SMP NEGERI 1 BATANGKUIS
DOI:
https://doi.org/10.24114/js.v1i2.7343Abstract
Abstrak : Penggunaan Metode Tutor Sebaya Dalam Meningkatkan Ketuntasan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran TIK Di Kelas VIII-D SMP Negeri 1 Batangkuis. Penelitian bertujuan untuk meningkatkan ketuntasan siswa dalam belajar Microsoft Excel pada pelajaran TIK. Penelitian dilaksanakan dua siklus masing-masing 4 kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan terjadinya peningkatan ketuntasan hasil belajar terhadap 44 peserta didik, hanya ada 6 orang siswa (13.95%) pada observasi awal, setelah menggunakan metode tutor sebaya mengalami kenaikan pada pertengahan siklus 1 yaitu menjadi 11 siswa (25.58%), dan menjadi 26 siswa (60.47%) pada akhir siklus 1. Peningkatan terus terjadi ketika dilaksanakan siklus 2, dimana ketuntasan belajar siswa 90.91% dengan nilai KKM adalah 70.Kata Kunci : Ketuntasan Belajar, Tutor Sebaya, Metode PembelajaranDownloads
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 1970 Hari Indrawan Siregar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Sekolah is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.