PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN
DOI:
https://doi.org/10.24114/js.v1i2.7344Abstract
Abstrak : Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tioe Think Talk Write Untuk Meningkatkan Aktivitas Siswa Mata Pelajaran PKN. Penelitian bertujuan untuk melihat hasil belajar dan aktivitas belajar siswa saat bekerja dalam kelompok pada mata pelajaran PKn dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write. Subjek penelitian kelas XI SMA Negeri 1 Gunung Meriah dengan jumlah siswa 24 orang. Hasil belajar mengalami peningkatan yaitu pada siklus I dengan rata-rata 72,5 dan belum tuntas secara klasikal dan pada siklus II dengan rata-rata 85,0 menunjukkan tuntas secara individu dan kelas. Peningkatan dan ketuntasan hasil belajar terjadi karena guru menerapkan model pembelajaran TTW.Kata Kunci : kooperatif tipe Think Talk Write (TTW), Hasil Belajar Siswa, Aktivitas Belajar SiswaDownloads
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 1970 Marudut Sitompul

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Sekolah is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.