PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TGT DALAM MENINGKATKAN KETUNTASAN BELAJAR SISWA IPS DI KELAS VII-5 SMP NEGERI 3 PERCUT SEI TUAN
Abstract
Abstrak : Penerapan Model Pembelajaran TGT Dalam Meningkatkan Ketuntasan Siswa IPS Di Kelas VII-5 SMP Negeri 3 Percut Sei Tuan. Penelitian bertujuan untuk mengetahui cara penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe TGT dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada Mata Pelajaran IPS. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus masing-masing 4 kali pertemuan. Hasil penelitian terhadap 36 siswa menunjukkan peningkatan ketuntasan belajar hanya 6 siswa (16.67%) pada observasi awal, setelah menggunakan model TGT mengalami kenaikan menjadi 12 siswa (33.33%) di pertengahan siklus I menjadi 23 siswa (63.89%) pada akhir siklus I. Pada akhir siklus II ketuntasan belajar siswa meningkat menjadi 36 siswa (86.11%) dengan nilai KKM adalah 70.
Kata Kunci : Ketuntasan Belajar, Team Games Tournament, Metode Pembelajaran
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/js.v1i2.7347
Article Metrics
Abstract view : 247 timesPDF - 129 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 1970 Idawati Br. Ginting
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.