PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TGT DALAM MENINGKATKAN KETUNTASAN BELAJAR SISWA IPS DI KELAS VII-5 SMP NEGERI 3 PERCUT SEI TUAN

Authors

  • Idawati Br. Ginting Guru SMP Negeri 3 Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang

DOI:

https://doi.org/10.24114/js.v1i2.7347

Abstract

Abstrak : Penerapan Model Pembelajaran TGT Dalam Meningkatkan Ketuntasan Siswa IPS Di Kelas VII-5 SMP Negeri 3 Percut Sei Tuan. Penelitian bertujuan untuk mengetahui cara penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe TGT dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada Mata Pelajaran IPS. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus masing-masing 4 kali pertemuan. Hasil penelitian terhadap 36 siswa menunjukkan peningkatan ketuntasan belajar hanya 6 siswa (16.67%) pada observasi awal, setelah menggunakan model TGT mengalami kenaikan menjadi 12 siswa (33.33%) di pertengahan siklus I menjadi 23 siswa (63.89%) pada akhir siklus I. Pada akhir siklus II ketuntasan belajar siswa meningkat menjadi 36 siswa (86.11%) dengan nilai KKM adalah 70.Kata Kunci : Ketuntasan Belajar, Team Games Tournament, Metode Pembelajaran

Author Biography

Idawati Br. Ginting, Guru SMP Negeri 3 Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang

Guru SMP Negeri 3 Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang

Downloads

Issue

Section

Articles