UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING PADA MATA PELAJARAN PENJAS KELAS VI SD
Abstract
Abstrak : Upaya Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaining Pada Mata Pelajaran Penjas di Kelas VI. Penelitian bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar dan psikomotorik siswa dengan model pembelajaran student fasilitator and explaining. Subjek penelitian siswa kelas VI SD Negeri 050635 Tanjung Nguda yang berjumlah 25 orang siswa. Diperoleh aktivitas memperhatikan peragaan guru meningkat dari 22% menjadi 26%, bertanya pada teman dari 20% menjadi 28%, bertanya pada guru dari 27% menjadi 12%, berlatih dalam kelompok dari 22% menjadi 33%, dan yang tidak relevan dengan KBM dari 10% menjadi 3%. Penerapan model pembelajaran student fasilitator and explaining dapat memberikan peningkatan psikomotorik mempraktekkan senam lantai dan senam ketangkasan siswa kelas VI.
Kata Kunci : Model Pembelajaran Student Fasilitator and Explaining, Aktivitas Belajar Siswa, Psikomotorik.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/js.v1i2.7348
Article Metrics
Abstract view : 262 timesPDF - 184 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 1970 Dalan Malem
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.