PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD GUNA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PKN SISWA PADA KELAS IV SD NEGERI 211 SABADOLOK
Abstract
Abstrak : Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Guna Meningkatkan Prestasi Belajar PKn Siswa Pada Kelas IV SD Negeri 211 Sabadolok. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan subjek penelitian sebanyak 20 siswa. Hasil penelitian bahwa: Data aktivitas siswa pada siklus I: membaca/membaca (44%), bekerja (25,5% ), bertanya sesama teman (5,5%), bertanya kepada guru (14%), dan yang tidak relevan dengan KBM (11%). Data aktivitas siswa pada siklus II: membaca/membaca (24%), bekerja (51%), bertanya sesama teman (14%), bertanya kepada guru (6,5%), dan yang tidak relevan dengan KBM (4,5%). Hasil belajar siswa pada siklus I dan siklus II menunjukkan secara individu tuntas sebanyak 11 orang siswa, dan 17 orang siswa. Ketuntasan kelas pada siklus I dan siklus II adalah 55% dan 85%. Dengan nilai rata-rata siswa untuk formatif I dan formatif II adalah 68 dan 82.
Kata Kunci : Prestasi Belajar, PKn, Model Pembelajaran Tipe STAD
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/js.v1i3.8843
Article Metrics
Abstract view : 397 timesPDF - 300 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Samsul Bahri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.