IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT GUNA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS IV SD

Juariah Juariah

Abstract


Abstrak : Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Guna Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas IV SD. Penelitian bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model NHT. Penelitian dilakukan pada siswa kelas IV dengan jumlah 23 siswa. Hasil belajar siswa pada siklus I rata–rata sebesar 77.83 dengan tuntas klasikal sebesar 65.22%, pada siklus II rata-rata sebesar 88.70 dengan tuntas klasikal sebesar 91.30%, ini menunjukkan tuntas secara individu dan kelas sesuai KKM PAI. Data aktivitas siswa pada siklus I: membaca/membaca (43%), mengerjakan LKS (25%), bertanya sesama teman (13%), bertanya kepada guru (9%), dan yang tidak relevan dengan KBM (10%). Data aktivitas siswa pada siklus II: membaca/membaca (26%), bekerja (43%), bertanya sesama teman (16%), bertanya kepada guru (11%), dan yang tidak relevan dengan KBM (5%).

Kata Kunci : Hasil belajar, Numbered Heads Together, PAI


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/js.v1i3.8845

Article Metrics

Abstract view : 50 times
PDF - 84 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.