MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK PADA BIDANG STUDI PKN KELAS V SD NEGERI 175 HUTATINGGI
Abstract
Abstrak : Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Talking Stick Pada Bidang Studi PKN Kelas V SD Negeri 175 Hutatinggi. Penelitian bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa. Dengan desain penelitian tindakan kelas selama dua siklus dengan dua kali petemuan setiap siklusnya. Subjek dalam penelitian seluruh siswa kelas V SDN 175 Hutatinggi yang berjumlah 23 siswa. Data aktivitas siswa pada Siklus I: membaca/membaca (46%), bekerja (21% ), bertanya sesama teman (10%), bertanya kepada guru (6%), dan yang tidak relevan dengan KBM (16%). Pada Siklus II: membaca/membaca (18%), bekerja (40 %), bertanya sesama teman (21%), bertanya kepada guru (14%), dan yang tidak relevan dengan KBM (7%). Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Talking Stick dapat meningkatkan ketuntasan pembelajaran siswa dengan ketuntasan pembelajaran naik sebesar 39,2%.
Kata Kunci : Model Pembelajaran Talking Stick, Aktivitas belajar, Hasil Belajar
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/js.v1i3.8849
Article Metrics
Abstract view : 181 timesPDF - 183 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Rohani Rohani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.