MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DI TK AN-NISA MEDAN
Abstract
Abstrak : Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) Di Tk An-Nisa Medan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan kognitif anak usia 5-6 tahun melalui model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) di TK AN-NISA Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Objek penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan kognitif anak usia 5-6 tahun di TK AN-NISA Medan. Subjek penelitian adalah anak kelas B Pelangi yang berjumlah 12 orang. Proses penelitian dilakukan dalam 2 siklus. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi. Hasil analisa rata-rata skor kemampuan kognitif anak pada Siklus I adalah 2,3 dengan Persentase Kemampuan Klasikal 41,7%. Dan rata-rata skor kemampuan kognitif anak pada Siklus II adalah 3,3 dengan Persentase Kemampuan Klasikal 91,7%.
Kata Kunci : Kemampuan Kognitif, Numbered Heads Together (NHT)
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/js.v1i4.9074
Article Metrics
Abstract view : 84 timesPDF - 52 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.