PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA BIDANG STUDI PKN KELAS V SDS MUHAMMADIYAH HUTABANGUN
Abstract
Abstrak : Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick Dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Pada Bidang Studi PKN Kelas V SDS Muhammadiyah Hutabangun. Data hasil belajar diperoleh melalui tes hasil belajar tiap akhir siklus. Aktivitas diperoleh melalui pengamatan tiap KBM. Subjek dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas V SDS Muhammadiyah Hutabangun yang berjumlah 16 siswa. Data aktivitas siswa menurut pengamatan pengamat pada Siklus I antara lain membaca/membaca (47%), bekerja (22% ), bertanya sesama teman (10%), bertanya kepada guru (8%), dan yang tidak relevan dengan KBM (13%).Data aktivitas siswa menurut pengamatan pada Siklus II antara lain membaca/membaca (25 %), bekerja (46%), bertanya sesama teman (17 %), bertanya kepada guru (7%), dan yang tidak relevan dengan KBM (5%).Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Talking Stick dapat meningkatkan ketuntasan pembelajaran siswa, terbukti dari hasil tes siswa ketuntasan pembelajaran naik sebesar 30,7%.
Kata Kunci : Model Pembelajaran Talking Stick, Aktivitas belajar, Hasil Belajar.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/js.v1i4.9098
Article Metrics
Abstract view : 217 timesPDF - 189 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 1970 Sajuliana Sajuliana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.