PERBAIKAN AKTIVITAS BELAJAR BAHASA INGGRIS SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TIME TOKEN PADA SISWA KELAS IX-A SMP NEGERI 1 BATAHAN

Authors

  • Ida Laila Nasution Guru Bahasa Inggris SMP Negeri 1 Batahan

DOI:

https://doi.org/10.24114/js.v1i4.9099

Abstract

Abstrak : Perbaikan Aktivitas Belajar Bahasa Inggris Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Time Token Pada Siswa Kelas IX-A SMP Negeri 1 Batahan. Penelitian tindakan kelas ini akan ditempuh dalam dua siklus. Dari siklus ke siklus menggunakan model pembelajaran Advance Organizer dengan senantiasa meningkatkan kualitas pelaksanaan pembelajaran yang berorientasi aktivitas siswa yang bermuara pada peningkatan restasi belajar siswa. Penelitian dikenakan pada siswa kelas VIII-B SMP Negeri 1 Batahan dengan jumlah 24 siswa. Setelah penelitian berlangsung selama dua siklus dapat disimpulkan bahwa : Data aktivitas siswa menurut pengamatan pengamat pada siklus I antara lain reading/writing (41%), communication (24%), grammar (20%), pronount (9%), dan yang tidak relevan dengan KBM (7%). Data aktivitas siswa menurut pengamatan pada siklus II antara lain reading/writing (24%), communication (41%), grammar (18%), pronount (14%), dan yang tidak relevan dengan KBM (3%). Dari data di atas terjadi peningkatan aktivitas belajar siswa sesuai dengan harapan dan juga model pembelajaran Advance Organizer.Kata Kunci : Perbaikan Aktivitas Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Time Token

Author Biography

Ida Laila Nasution, Guru Bahasa Inggris SMP Negeri 1 Batahan

Guru Bahasa Inggris SMP Negeri 1 Batahan

Downloads

How to Cite

Nasution, I. L. (2018). PERBAIKAN AKTIVITAS BELAJAR BAHASA INGGRIS SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TIME TOKEN PADA SISWA KELAS IX-A SMP NEGERI 1 BATAHAN. JS (JURNAL SEKOLAH), 1(4), 54–60. https://doi.org/10.24114/js.v1i4.9099