MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BRAINSTROMING PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS VII-B

Habibah Habibah

Abstract


Abstrak : Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Brainstroming Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas VII-B. Penelitian ini bertujuan untuk melihat hasil belajar dan aktivitas belajar siswa saat bekerja dalam kelompok pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dengan model pembelajaran Brainstroming di kelas VII-B SMP Negeri 1 Panyabungan. Pada siklus I hasil belajar mencapai nilai rata-rata kelas adalah 74 dengan nilai terendah adalah 60 sebanyak 10 siswa dan tertinggi adalah 100 sebanyak 25 siswa dengan kriteria ketuntasan minimal 70 maka 25 siswa mendapat nilai di atas kriteria ketuntasan atau ketuntasan klasikal adalah sebesar 71%. Hasil belajar di siklus II mencapai Nilai rata-rata kelas adalah 84 dengan nilai terendah untuk formatif II adalah 60 sebanyak 4 orang dan tertinggi adalah 100 sebanyak 11 orang. 31 orang tuntas individu atau ketuntasan klasikal adalah sebesar 88% berada di atas kriteria keberhasilan.


Kata Kunci : Model Pembelajaran Brainstroming, Hasil Belajar Bahasa Indonesia dan Aktivitas Belajar


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/js.v1i4.9100

Article Metrics

Abstract view : 73 times
PDF - 43 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.