UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING PADA SISWA KELAS VI SD NEGERI 339 TAMANG
Abstract
Abstrak : Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar IPA Dengan Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing Pada Siswa Kelas VI SD Negeri 339 Tamang. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan penerapan model pembelajaran Penemuan Terbimbingdalam upaya meningkatkan prestsi belajar IPA pada materi pokok Hemat Energi di SDN 339 Tahun Pelajaran 2015/2016. Subjek dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas VI yang berjumlah 20 siswa. Dalam penelitian, aktivitas belajar siswa diperoleh melalui observasi dalam KBM, hasil belajar diperoleh melalui tes diakhir setiap siklus. Hasil belajar siswa menunjukan peningkatan jumlah siswa tuntas KKM. Pada siklus I data hasil belajar menunjukan rata-rata 74 dengan siswa tuntas KKM 13 siswa (65%) dalam kata lain pembelajaran belum tuntas secara klasikal. Pada siklus II data hasil belajar menunjukan rata-rata 84 dengan siswa tuntas KKM 18 siswa (90%) dalam kategori tuntas secara klasikal.
Kata Kunci : Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing, Prestasi Belajar, Aktivitas Belajar
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/js.v1i4.9130
Article Metrics
Abstract view : 164 timesPDF - 167 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 1970 Farida Ariani Damanik
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.