UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI METODE PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS V SD NEGERI 003 SIHEPENG
DOI:
https://doi.org/10.24114/js.v1i4.9131Abstract
Abstrak : Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Melalui Metode Pembelajaran Problem Based Instruction di Kelas V SD Negeri No. 003 Sihepeng. Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas V SD Negeri No. 003 Sihepeng Kecamatan Siabu Kabupaten Mandailing Natal dengan jumlah siswa 18 orang, 8 orang diantara perempuan dan 10 orang laki-laki. Dari penelitian yang dilaksanakan diperoleh peningkatan hasil belajar setelah dilaksanakan tindakan. Pada siklus I diperoleh presentase presentase ketuntasan belajar siswa 61,1% dan skor nilai ketuntasan kelas 62,5% dengan nilai terendah 50 dan nilai terbaik 80. Pada siklus II diperoleh presentase ketuntasan belajar siswa sebesar 100% dan skor nilai ketuntasan kelas 87,7% dengan nilai terendah 70 dan nilai terbaik 90. Kata Kunci : Problem Based Instruction (PBI), Mata Pelajaran IPA, Aktivitas Siswa, Hasil BelajarDownloads
How to Cite
Siregar, S. (2018). UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI METODE PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS V SD NEGERI 003 SIHEPENG. JS (JURNAL SEKOLAH), 1(4), 107–113. https://doi.org/10.24114/js.v1i4.9131
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 1970 Suraidah Siregar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Sekolah is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.