PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TUTORIAL SEBAYA UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI KELAS V SD NEGERI 126 GUNUNG BARINGIN

Nurjani Nurjani

Abstract


Abstrak : Penerapan Model Pembelajaran Tutorial Sebaya Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar MatematikaSiswa Di Kelas V SD Negeri 126 Gunung Baringin. Penelitian ini menerapkan model pembelajaran Tutorial Sebaya sebagai upaya meningkatkan aktivitas yang juga akan mempengaruhi hasil belajar siswa pada bidang studi Matematika. Penerapan model dilaksanakan dalam penelitian tindakan kelas selama dua siklus dengan dua kali pertemuan (KBM) setiap siklusnya. Sehingga data dalam penelitian ini adalah aktivitas dan hasil belajar siswa setelah menerapkan model pembelajaran Tutorial Sebaya, dengan subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 126 Gunung Baringin, semester genap Tahun Pelajaran 2015/2016 yang berjumlah 24 siswa. Aktivitas belajar Matematika siswa dengan menerapkan model pembelajaran Tutorial

Kata Kunci : Model Pembelajaran Tutorial Sebaya, Aktivitas Belajar, Hasil Belajar

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/js.v1i4.9132

Article Metrics

Abstract view : 210 times
PDF - 188 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 1970 Nurjani Nurjani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.