PENERAPAN METODE PROBLEM SOLVING MODEL POLYA TERHADAP KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH PADA MATERI OPERASI HITUNG CAMPURAN KELAS 3 SD

Liana Setiyowati, Wijonarko Wijonarko, Joko Sulianto

Abstract


Abstrak : Penerapan Metode Problem Solving Model Polya Terhadap
Kemampuan Memecahkan Masalah Pada Materi Operasi Hitung Campuran
Kelas 3 SD. Desain Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen
bentuk Pre-Experimental Designs Desain dengan rancangan One- Grup Pretest-
Posttest Designs. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SDN
Mangunharjo Semarang yang terdiri dari 19 siswa. Teknik analisis data yang
digunakan dalam penelitian ini adalah uji normalitas data, hasil belajar dalam
kemampuan memecahkan masalah, dan uji ketuntasan belajar. Berdasarkan data
hasil penelitian diperoleh

x Pretest 62,316 dan

x Posttest 73,105, berdasarkan uji
t- tes diperoleh hitung t 5,543 > tabel t 2,09. Maka dapat disimpulkan bahwa ada
perbedaan yang signifikan antara hasil belajar dalam kemampuan memcahkan
masalah pretest dan posstest, nilai posttest lebih baik dari nilai pretest.


Kata Kunci : Problem Solving, Kemampuan Memecahkan Masalah Matematika


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/js.v2i2.9510

Article Metrics

Abstract view : 549 times
PDF - 993 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Liana Setiyowati, Wijonarko Wijonarko, Joko Sulianto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.