PERBEDAAN HASIL BELAJAR IPA MENGGUNAKAN MODEL DISCOVERY LEARNING DAN PROBLEM BASED LEARNING PADA SISWA KELAS 3 SD
Abstract
Abstrak : Perbedaan Hasil Belajar IPA Menggunakan Model Discovery Learning dan Problem Based Learning Pada Siswa Kelas 3 SD. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eskperimental menggunakan model nonequevalent grup desain. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas 3 SD N Gugus Diponegoro – Grobogan kelas A dan kelas B sejumlah 50 siswa. Hasil uji t skor posttest menunjukkan t hitung 3,583 dan t tabel 2,011 dengan signifikasi 0,49 < 0,05maka Ho ditolak dan Ha diterima, artinya ada perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa menggunakan model Discovery Learning dengan menggunakan model Problem Based Learning.
Kata Kunci : Model Discovery Learning, Model Problem Based Learning, Pembelajaran IPA.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/js.v2i2.9512
Article Metrics
Abstract view : 418 timesPDF - 348 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Ratih Nurul Fatimah, Slameto, Slameto,, Elvira Hoesein Radia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.