KEEFEKTIFAN METODE BERCERITA TERHADAP HASIL BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK SISWA KELAS III SDN PETERONGAN SEMARANG

Siti Irsanti, Aries Tika Damayani, Moh Aniq Kh.B

Abstract


Abstrak : Keefektifan Metode Bercerita Terhadap Hasil Belajar Dalam Pembelajaran Tematik Siswa Kelas III SDN Peterongan Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian yang digunakan adalah one grup pretest-posttest design.Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Peterongan Semarang pada kelas III yang berjumlah 25 siswa dengan teknik pengambilan sampel jenuh. Berdasarkan hasil analisis data penelitian setelah mendapatkan perlakuan menunjukkan bahwa hasil belajar pada pembelajaran tematik menggunakan metode bercerita dapat meningkat. Hasil analisis dengan menggunakan uji t diperoleh nilai thitung = 6,102 dengan taraf signifikan 5% didapat nilai ttabel = 2,08, karena thitung (6,102) > ttabel (2,08), maka ada perbedaan rata-rata hasil belajar pada pembelajaran tematik yang menggunakan metode bercerita dengan metode sebelumnya.


Kata Kunci : Hasil Belajar, Metode Bercerita, Pembelajaran Tematik


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/js.v2i2.9513

Article Metrics

Abstract view : 212 times
PDF - 218 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Siti Irsanti, Aries Tika Damayani, Moh Aniq Kh.B

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.