PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA SEKOLAH DASAR

Dwi Afnan Puji Astuti, Slameto Slameto, Eunice Widyanti Setyaningtyas

Abstract


Abstrak : Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sekolah Dasar. Subjek penelitian dengan 20 siswa sebagai kelas penerapan model problem based learning. Instrumen yang digunakan terdiri dari instrumen tes dan nontes yaitu tes bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah dan non tes berupa observasi untuk mengetahui keterlaksanaan problem based learning dalam pemecahan masalah. Hasil data dianalisis dengan uji normalitas dan homogenitas kemudian dilanjutkan teknik analisis data uji-t dengan SPSS 20 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai sig sebesar 0,000 < 0,005 yang artinya pembelajaran model problem based learning berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas IV SD.


Kata Kunci : Problem Based Learning, Kemampuan Pemecahan Masalah


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/js.v2i2.9520

Article Metrics

Abstract view : 1731 times
PDF - 1173 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Dwi Afnan Puji Astuti, Slameto Slameto, Eunice Widyanti Setyaningtyas

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.