KEEFEKTIFAN MODEL INQUIRY PADA TEMA 6 SUBTEMA 2 UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DI KELAS IV SDN BENDUNGAN SEMARANG

Anggit Setiyo Budi, Sutrisno Sutrisno

Abstract


Abstrak : Keefektifan Model Inquiry Pada Tema 6 Subtema 2 Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Di Kelas IV SDN Bendungan Semarang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran inquiry pada tema 6 (cita-citaku) subtema 2 (hebatnya cita-citaku) untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Bendungan Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian Desain Pra-Eksperimental. Bentuk Desain Pre-Eksperimental yang digunakan pada penelitian ini adalah One-Group Pretest-Posestest Design. Sampel yang diambil adalah 37 siswa kelas IV menggunakan teknik sampling jenuh. Hasil nilai rata-rata pretest dan posstest mengalami peningkatan. Pada nilai pretest yang telah dilaksanakan diperoleh nilai rata-rata 60,70% dan nilai posestest sebesar 89,45%. Dengan demikian ada peningkatan hasil belajar siswa dalam menggunakan model Inquiry di Tema 6 Subtema 2 di kelas IV.

Kata Kunci : Model Inquiry


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/js.v2i3.9897

Article Metrics

Abstract view : 166 times
PDF - 117 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Anggit Setiyo Budi, Sutrisno Sutrisno

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.