KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN TIME TOKEN TERHADAP HASIL BELAJAR SUBTEMA KESEIMBANGAN EKOSISTEM SISWA KELAS V SD
Abstract
Abstrak : Keefektifan Model Pembelajaran Time Token Terhadap Hasil Belajar Subtema Keseimbangan Ekosistem Siswa Kelas V SD. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian yang digunakan adalah one group pretest-posttest design. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Candi 03 Semarang pada kelas V yang berjumlah 30 siswa dengan teknik pengambilan sampel jenuh. Berdasarkan hasil analisis data penelitian setelah mendapatkan perlakuan menunjukan bahwa hasil belajar pada pembelajaran subtema 3 keseimbangan ekosistem menggunakan model Time Token dapat meningkat. Hasil analisis dengan menggunakan uji t diperoleh nilai thitung = 12,835 dengan taraf signifikan 5% didapat nilai ttabel = 2,001, karena thitung (12,835) > ttabel (2,001),
Kata Kunci : Model Time Token, Hasil Belajar, Keseimbangan Ekosistem
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/js.v2i1.9918
Article Metrics
Abstract view : 368 timesPDF - 349 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Oka Harmas Theana, Ary Susatyo Nugroho, Eka Sari Setianingsih
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.