PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PKn SISWA

Sudianto Panggabean, Efendi Napitupulu, Abdul Hasan Saragih

Abstract


Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar PKn antara siswa yang diajar dengan strategi kooperatif tipe jigsaw dan siswa yang diajar dengan strategi ekspositori, mengetahui perbedaan hasil belajar PKn antara siswa yang memiliki gaya belajar visual dan siswa yang memiliki gaya belajar kinestetik serta mengetahui apakah ada interaksi antara strategi pembelajaran dan gaya belajar terhadap hasil belajar PKn. Hasil pengujian menunjukkan bahwa siswa yang diajar dengan  strategi kooperatif tipe jigsaw memiliki hasil belajar PKn yang lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang diajar dengan strategi ekspositori. Ini ditunjukkan dari Fhitung  = 5,31 > Ftabel(0,05) = 3,96. Siswa yang memiliki  gaya belajar visual akan memperoleh hasil belajar yang lebih tinggi daripada siswa yang memiliki gaya belajar kinestetik. Ini ditunjukkan dari Fhitung  = 40,27 > Ftabel (0,05) = 3,698. Terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan gay belajar siswa terhadap hasil belajar PKn. Ini ditunjukkan dari Fhitung  = 7,61 > dari Ftabel (0,05) = 3,698. Hipotesis telah menunjukkan bahwa siswa yang diajar dengan  stategi kooperatif tipe jigsaw akan mendapat hasil belajar yang lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang diajar dengan strategi ekspositori. Siswa yang memiliki gaya belajar visual akan memberikan hasil belajar yang lebih tinggi jika diajarkan dengan strategi kooperatif tipe jigsaw dibandingkan siswa yang diajarkan dengan strategi ekpositori.

 

Kata Kunci: strategi pembelajaran, gaya belajar, hasil belajar pkn

 

Abstract: The purpose of this study was to determine Civics learning outcomes between students taught with a jigsaw cooperative strategy and students taught with an expository strategy, knowing the differences in Civics learning outcomes between students who have visual learning styles and students who have kinesthetic learning styles and know whether there is an interaction between learning strategies and learning styles on Civics learning outcomes. The test results show that students taught with a jigsaw cooperative strategy have higher Civics learning outcomes compared to students taught with an expository strategy. This is shown from Fcount = 5.31> Ftable (0.05) = 3.96. Students who have a visual learning style will get higher learning outcomes than students who have a kinesthetic learning style. This is shown from Fcount = 40.27> Ftable (0.05) = 3.698. There is an interaction between learning strategies and gay student learning towards Civics learning outcomes. This is shown from Fcount = 7.61> from Ftable (0.05) = 3.698. The hypothesis has shown that students who are taught with a jigsaw cooperative strategy will get higher learning outcomes than students taught with an expository strategy. Students who have a visual learning style will provide higher learning outcomes if taught with a jigsaw cooperative strategy compared to students who are taught by an expository strategy.

 

Keywords: learning strategies, learning styles, learning outcomes

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jtp.v11i1.11195

Article Metrics

Abstract view : 265 times
PDF - 243 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 Lisensi Creative Commons
Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP) is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.