Sejarah Jurnal
Jurnal Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Medan (UNIMED) pertama kali diterbitkan pada tahun 2008 oleh Program Studi Teknologi Pendidikan, Pascasarjana, Universitas Negeri Medan. Penerbitan jurnal ini bertujuan untuk menjadi wadah bagi para akademisi, peneliti, guru, dan praktisi pendidikan dalam mempublikasikan hasil penelitian, kajian teoretis, serta praktik baik dalam bidang teknologi pendidikan dan pembelajaran berbasis teknologi.
Sejak awal terbit, jurnal ini secara konsisten memuat artikel-artikel ilmiah yang relevan dengan pengembangan media pembelajaran, e-learning, sistem pembelajaran berbasis teknologi, inovasi pendidikan digital, serta integrasi TIK dalam proses belajar-mengajar. Penerbitan jurnal dilakukan secara berkala dua kali dalam setahun, yaitu pada bulan Juni dan Desember.
Di tahun 2013, jurnal ini juga beralih dari format cetak ke format open access online journal menggunakan platform Open Journal Systems (OJS) untuk memperluas jangkauan distribusi dan meningkatkan visibilitas artikel yang diterbitkan. Perubahan ini memungkinkan akses yang lebih mudah dan terbuka bagi peneliti dan pembaca dari seluruh dunia.
Sejak tahun 2014, jurnal ini telah menerapkan proses peer-review double-blind untuk menjamin mutu naskah yang diterbitkan. Pada tahun 2017 hingga 2026, Jurnal Teknologi Pendidikan UNIMED berhasil meraih akreditasi nasional peringkat SINTA 4 dari Direktorat Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan, Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia melalui SK Direktur Jenderal yang dikeluarkan pada tahun tersebut. Pencapaian ini menjadi tonggak penting dalam pengakuan kualitas ilmiah jurnal di tingkat nasional.