PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN APRESIASI TERHADAP HASIL BELAJAR SENI MUSIK SISWA

Testi Bazarni Zebua, Julaga Situmorang, R Mursid

Abstract


Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui apakah belajar seni musik siswa yang diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran discovery learning lebih tinggi dari strategi ekspositori, (2) untuk mengetahui apakah hasil belajar seni musik siswa yang memiliki tingkat apresiasi tinggi lebih tinggi dari tingkat apresiasi rendah, dan (3) Untuk mengetahui apakah ada interaksi antara strategi pembelajaran dan apresiasi dalam memberikan pengaruh terhadap hasil belajar seni musik siswa. Metode penelitian menggunakan quasi eksperimen dengan desain penelitian penelitian faktorial 2 x 2. Teknik analisis data menggunakan ANAVA dua jalur pada taraf signifikan α = 0,05. Temuan penelitian menunjukkan : (1) Hasil belajar seni musik siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran discovery learning dari konstruktivisme (79,67) lebih tinggi dibandingkan siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran ekspositori (76,67). (2) Hasil belajar seni musik siswa yang memiliki tingkat apresiasi tinggi (79,50) lebih tinggi dibandingkan siswa yang memiliki tingkat apresiasi rendah (74,93). (3) Terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan tingkat apresiasi dalam mempengaruhi hasil belajar seni musik siswa. Siswa dengan apresiasi tinggi akan memperoleh hasil belajar yang lebih tinggi jika diajar dengan strategi pembelajaran discovery learning dari konstruktivisme. Demikian pula dengan siswa yang memiliki apresiasi rendah, akan memperoleh hasil belajar yangg lebih tinggi jika diajar dengan strategi pembelajaran ekspositori.

 

Kata Kunci: strategi pembelajaran, apresiasi, hasil belajar seni musik

 

Abstract: The purpose of this study are: (1) to find out whether learning music art students taught by using discovery learning learning strategies is higher than expository strategies, (2) to find out whether the results of students learning music are higher than low level of appreciation, and (3) To find out if there is an interaction between learning strategies and appreciation in influencing students' learning outcomes in music. The research method uses quasi-experimental research design with 2 x 2 factorial research. Data analysis techniques using two-way ANAVA at a significant level α = 0.05. The findings of the study show: (1) The results of learning the music arts of students taught by discovery learning learning strategies of constructivism (79.67) are higher than students taught with expository learning strategies (76.67). (2) The results of learning the music arts of students who have a high level of appreciation (79.50) are higher than students who have a low appreciation level (74.93). (3) There is an interaction between learning strategies and the level of appreciation in influencing students' learning outcomes in music. Students with high appreciation will obtain higher learning outcomes if taught with discovery learning learning strategies from constructivism. Likewise with students who have low appreciation, will get higher learning outcomes if taught with an expository learning strategy.

 

Keywords: learning strategies, appreciation, learning outcomes of music art

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jtp.v11i1.11197

Article Metrics

Abstract view : 582 times
PDF - 414 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 Lisensi Creative Commons
Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP) is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.