PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI INTRINSIK TERHADAP HASIL BELAJAR KETERAMPILAN MEMBACA BAHASA ARAB SISWA
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui hasil belajar keterampilan membaca bahasa Arab siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran mind mapping lebih tinggi daripada siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran langsung, (2) untuk mengetahui hasil belajar keterampilan membaca bahasa Arab siswa yang memiliki motivasi intrinsik tinggi lebih tinggi daripada siswa yang memiliki motivasi intrinsik rendah, (3) untuk mengetahui interaksi antara model pembelajaran dengan motivasi intrinsik terhadap hasil belajar keterampilan membaca bahasa Arab. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan desain penelitian faktorial 2 x 2. Teknik analisis data menggunakan ANAVA dua jalur pada taraf signifikan = 0,05. Temuan penelitian menunjukkan bahwa; (1) hasil belajar keterampilan membaca bahasa Arab siswa yang diajar dengan model pembelajaran mind mapping lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran langsung dengan = 6,08 > = 3,97, (2) hasil belajar keterampilan membaca bahasa Arab siswa yang memiliki motivasi intrinsik tinggi lebih tinggi dari siswa yang memiliki motivasi intrinsik rendah dengan = 60,34 > = 3,97, (3) terdapat interaksi antara model pembelajaran dan motivasi intrinsik terhadap hasil belajar keterampilan membaca bahasa Arab, dengan = 28,92 > = 3,97.
Kata Kunci: model pembelajaran, motivasi intrinsic, keterampilan membaca bahasa arab
Abstract: This study aims (1) to determine the learning outcomes of Arabic reading skills students who are taught using mind mapping learning models are higher than students who are taught using direct learning models, (2) to find out the learning outcomes of Arabic reading skills students who have higher intrinsic motivation than students who have low intrinsic motivation, (3) to find out the interaction between learning models and intrinsic motivation on the learning outcomes of Arabic reading skills. This research is a quasi-experimental research with 2 x 2 factorial research design. Data analysis techniques using two-way ANAVA at a significant level = 0.05. Research findings indicate that; (1) the learning outcomes of Arabic reading skills students taught with mind mapping learning models are higher than the learning outcomes of students taught with direct learning models with F count = 6.08 > F table = 3.97, (2) learning outcomes of students' Arabic reading skills those who have high intrinsic motivation are higher than students who have low intrinsic motivation with F count = 60.34 > F table = 3.97, (3) there is an interaction between the learning model and intrinsic motivation towards the learning outcomes of Arabic reading skills, with F count = 28.92> F table = 3.97.
Keywords: learning model, intrinsic motivation, Arabic reading skills
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/jtp.v11i1.11198
Article Metrics
Abstract view : 455 timesPDF - 354 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP) is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.