PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION DAN GAYA BERPIKIR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA

Elfrida Lubis, Sahat Siagian, Mukhtar .

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar matematika antara siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran kooperatif STAD dan siswa  yang diajar dengan strategi pembelajaran ekspositori, mengetahui perbedaan hasil belajar matematika  antara siswa dengan gaya berpikir sekuensial abstrak dan siswa dengan gaya berpikir sekuensial konkret, mengetahui apakah ada interaksi antara strategi pembelajaran dengan gaya berpikir dalam mempengaruhi hasil belajar matematika. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa siswa yang diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran kooperatif STAD memiliki hasil belajar matematika yang lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran ekspositori. Siswa yang memiliki gaya berpikir sekuensial abstrak memiliki hasil belajar matematika yang lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang memiliki gaya berpikir sekuensial konkret dan terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dengan gaya berpikir terhadap hasil belajar matematika siswa.

 

Kata Kunci: strategi kooperatif STAD,  gaya berpikir, matematika.

 

Abstract: This study aims to determine the differences in mathematics learning outcomes between students taught with the STAD cooperative learning strategy and students taught with expository learning strategies, find out the differences in mathematics learning outcomes between students with abstract sequential thinking styles and students with concrete sequential thinking styles, knowing is there an interaction between learning strategies with thinking styles in influencing mathematics learning outcomes. The results of hypothesis testing show that students who are taught using STAD cooperative learning strategies have higher mathematics learning outcomes compared to students who are taught using expository learning strategies. Students who have abstract sequential thinking styles have higher mathematics learning outcomes compared to students who have concrete sequential thinking styles and there is an interaction between learning strategies and thinking styles towards students' mathematics learning outcomes.

 

Keywords: STAD cooperative strategy, thinking style, mathematics

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jtp.v12i1.14499

Article Metrics

Abstract view : 231 times
PDF - 241 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 Lisensi Creative Commons
Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP) is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.