PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DAN GAYA BERPIKIR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA

Japar Siddik Rambe, Abdul Hamid K, Mukhtar .

Abstract


Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) hasil belajar matematika yang diajar dengan strategi pembelajaran Kooperatif tipe jigsaw dan strategi pembelajaran ekspositori; (2) hasil belajar matematika siswa yang mempunyai Gaya berpikir sekuensial abstrak dan yang mempunyai Gaya berpikir konkrit dalam mempengaruhi hasil belajar; dan (3) Interaksi antara strategi pembelajaran dan Gaya berpikir dalam mempengaruhi hasil belajar matematika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar matematika antara siswa yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dengan siswa yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran Ekspositori. Rata-rata hasil belajar Matematika siswa yang dibelajarkan dengan Strategi Kooperatif Tipe Jigsaw lebih tinggi dari hasil belajar Matematika siswa yang dibelajarkan dengan Strategi Ekspositori. (2) Rata-rata hasil belajar Matematika siswa yang memiliki Gaya berpikir Sekuensial Konkrit lebih tinggi daripada hasil belajar Matematika siswa yang memiliki Gaya berpikir Sekuensial Abstrak, dan (3).Terdapat interaksi antara penggunaan Strategi pembelajaran dan Gaya berpikir dalam mempengaruhi hasil belajar Matematika siswa.

 

Kata Kunci: strategi pembelajaran kooperatif tipe jigsaw, gaya berpikir, matematika

 

Abstract: The purpose of this study is to find out: (1) mathematics learning outcomes taught by the Jigsaw Cooperative learning strategy and expository learning strategies; (2) mathematics learning outcomes of students who have abstract sequential thinking styles and who have concrete thinking styles in influencing learning outcomes; and (3) The interaction between learning strategies and thinking styles in influencing mathematics learning outcomes. The results showed that: (1) There was a difference in the average learning outcomes of mathematics between students who were taught with the Jigsaw Cooperative learning strategy with students who were taught with Expository learning strategies. The average student learning outcomes in Mathematics that are taught with the Jigsaw Cooperative Strategy are higher than the learning outcomes in Mathematics students who are taught with the Expository Strategy. (2) The average Mathematics learning outcomes of students who have Concrete Sequential Thinking styles are higher than the Mathematics learning outcomes of students who have Abstract Sequential Thinking Styles, and (3). There is an interaction between the use of learning strategies and Thinking Styles in influencing student learning outcomes in Mathematics.

 

Keywords: Jigsaw type cooperative learning strategies, thinking style, mathematics


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jtp.v12i1.14502

Article Metrics

Abstract view : 257 times
PDF - 273 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 Lisensi Creative Commons
Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP) is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.