PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP HASIL BELAJAR PELESTARIAN LINGKUNGAN HIDUP

Jonson Hulman Siburian, Samsidar Tanjung, Abdul Hasan Saragih

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) hasil belajar pelestarian lingkungan hidup antara siswa yang diajar  dengan menggunakan strategi pembelajaran inkuiri lebih lebih unggul daripada hasil belajar mengolah pelestarian lingkungan hidup yang diajar dengan menggunakan strategi ekspositori; (2) Mengetahui keunggulan hasil belajar pelestarian lingkunganhidup antara siswa yang memiliki motivasi berprestasi tinggi lebih unggul daripada hasil belajar pelestarian lingkungan hidup siswa yang memiliki motivasi berprestasi rendah; dan (3) Mengetahui interaksi antara strategi pembelajaran dan motivasi berprestasi siswa dalam memberikan pengaruh terhadap hasil belajar pelestarian lingkungan hidup. Metode yang digunakan adalah metode eksperimental gunanya untuk membandingkan mana yang lebih baik antara strategi pembelajaran inkuiri dan strategi pembelajaran ekspositori. Kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1). Hasil belajar pelestarian lingkungan hidup yang diajar dengan strategi inkuiri lebih tinggi dari pada hasil belajar pelestarian lingkungan hidup yang diajar dengan strategi ekspositori; (2) Hasil belajar pelestarian lingkungan hidup yang memiliki motivasi berprestasi tinggi lebih tinggi dari hasil belajar pelestarian lingkungan hidup yang memiliki motivasi berprestasi rendah; dan (3). Terdapat interaksi antara strategi mengajar dan motivasi berprestasi  terhadap hasil belajar pelestarian lingkungan hidup.

 

Kata Kunci: strategi pembelajaran inkuiri, motivasi berprestasi, pelestarian lingkunagn hidup

 

Abstract: This study aims to find out: (1) learning outcomes of environmental preservation among students taught using inquiry learning strategies are superior to the results of learning to process environmental preservation taught by using expository strategies; (2) Knowing the superiority of learning outcomes in environmental preservation among students who have high achievement motivation are superior to learning outcomes of environmental preservation of students who have low achievement motivation; and (3) Knowing the interaction between learning strategies and student achievement motivation in influencing learning outcomes for environmental preservation. The method used is an experimental method to compare which is better between inquiry learning strategies and expository learning strategies. The conclusions of this study are: (1). The results of learning to conserve the environment taught by inquiry strategies are higher than the results of learning to conserve the environment taught by expository strategies; (2) Learning outcomes of environmental conservation that have high achievement motivation are higher than learning outcomes of environmental conservation that have low achievement motivation; and (3). There is an interaction between teaching strategies and achievement motivation towards learning outcomes of environmental preservation.

 

Keywords: inquiry learning strategy, achievement motivation, environmental preservation


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jtp.v12i1.14503

Article Metrics

Abstract view : 339 times
PDF - 320 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 Lisensi Creative Commons
Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP) is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.