PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS PENEMUAN TERBIMBING PADA MATA KULIAH MATEMATIKA EKONOMI
Abstract
Abstrak: Penelitian ini merupakan Research and Development (R&D) yang bertujuan untuk mengembangkan dan mengetahui kualitas modul pembelajaran berbasis penemuan terbimbing pada mata kuliah Matematika Ekonomi serta mengetahui prestasi belajar mahasiswa setelah dilakukan pembelajaran menggunakan modul tersebut. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang meliputi Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah melalui lembar validasi, kuesioner dan tes. Modul ini diterapkan pada mahasiswa program studi Akuntansi dan Manajemen Semester 1 Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Gentiaras Bandar Lampung T.A. 2019/2020. Analisis data dilakukan secara deskriptif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kualitas modul pembelajaran berbasis penemuan terbimbing pada mata kuliah Matematika Ekonomi berdasarkan penilaian validator ahli materi masuk dalam kategori layak, berdasarkan validator ahli media masuk dalam kategori sangat layak dan berdasarkan respon mahasiswa masuk dalam kategori sangat baik. (2) Prestasi belajar mahasiswa setelah melakukan pembelajaran menggunakan modul berbasis penemuan terbimbing pada mata kuliah Matematika Ekonomi masuk dalam kategori baik.
Kata Kunci: Modul, Penemuan Terbimbing, Matematika Ekonomi
Abstract: This research is a Research and Development (R&D) that aims to develop and find out the quality of learning module based on guided discovery in the Economics Mathematics course and to determine student learning achievement after using this module. This research uses the ADDIE development model which includes Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. Data collection method used were validation sheets, questionnaire and test. This module was applied to the first semester students of Accounting and Management study program Gentiaras College Bandar Lampung T.A. 2019/2020. Data analysis was done by descriptive and quantitative. The result shows that: (1) The quality of learning module based on the guided discovery in the Economics Mathematics course based on the judgment of the material expert validator was included in the feasible category, based on the media expert validator included in the very feasible category and based on the students' responses included in the very good category. (2) Student learning achievement after learning using modules based on guided discovery in the Economics Mathematics course is included in the good category.
Keywords: Module, Guided Discovery, Economics Mathematics
Full Text:
PDFReferences
Depdiknas. (2006). Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Depdiknas
Hudojo, H. 2003. Mengajar Belajar Matematika, Ditjen Dikti Depdikbud. Jakarta: P2LPTK.
Joyce, B & Weil. (2009). Model-Model Pengajaran Edisi 8. Terjemahan A. Fuwaid & A. Mirza. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Martin. (2006). Model Pembelajaran Inquiry. Bandung: Gava Media.
Mulyati, Yeti. (2002). Pokok-Pokok Pikiran tentang Penulisan Modul Bahan Ajar dan Diklat. Jakarta: Depdiknas Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah Pusat Pengembangan Penataran Guru Bahasa.
Nasution, S. (2008). Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Prastowo, A. (2012). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.
Santiasa, I.W. (2009). Metode Penelitian Pengembangan dan Pengembangan Modul. Universitas Pendidikan Ganesha.
Sudjana, N & Rifa’i, A. (1989). Teknologi Pengajaran. Bandung: Sinar Baru.
Sukadi, et.al., (2003). Implementasi Modul Konstruktivis dalam Pembelajaran IPS (Model Praktik Belajar Kewarganegaraan pada Pembelajaran PPKn Tingkat SLTP. Singaraja: IKIP Singaraja.
Sund. (2011). Discovery Learning as Role Learning Model. California: Hill&Co.
Thorset, P. (2001). Discovery Learning Theory. Diakses pada 10 Januari 2019, dari general.utpb.edu/.../Bruner%20and%20Discovery%20Learni...
Wijaya, C. (1992). Upaya Pembaharuan dalam Pendidikan dan Pengajaran. Bandung: Remaja Rosda Karya.
DOI: https://doi.org/10.24114/jtp.v12i2.15230
Article Metrics
Abstract view : 789 timesPDF - 864 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP) is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.