UPAYA MENINGKATKAN SOFTSKILL DISIPLIN MELALUI PENGGUNAAN EDMODO DENGAN METODE BLENDED LEARNING

Murjainah ., Kiki Aryaningrum, Arisman .

Abstract


Abstrak. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan disiplin mahasiswa pendidikan geografi melalui penggunaan Edmodo dengan metode blended learning. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK). Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah mahasiswa pendidikan geografi yang mengikuti mata kuliah media pembelajaran geografi  berbasis ICT.  Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa observasi, angket dan dokumentasi. Analisis data diperoleh dari hasil perolehan data observasi dan angket yang dianalisis dengan menggunakan analisis persentase. Setelah melaksanakan tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus yang masing-masing terdiri dari dua kali pertemuan, secara keseluruhan baik disiplin waktu dan disiplin perbuatan menunjukkan peningkatan 87,4%. Persentase tersebut, lebih dari ketuntasan minimum ketercapaian. Dengan demikian, maka dapat disimpulkan bahwa upaya meningkatkan softskill disiplin mahasiswa pendidikan geografi melalui penggunaan Edomodo dengan metode blended learning telah tercapai dengan baik. 

 Kata Kunci : softskill disiplin, Edmodo, blended learning

 

Abstract. The purpose of this study was to determine the increase in the discipline of geography education students through the use of Edmodo with the blended learning method. The method used in this study is the classroom action research (CAR) method. The sample used in this study was geography education students who took ICT-based geography learning media subject. Data collection used in this study in the form of observation, questionnaires, and documentation. Data analysis was obtained from the results of observations and questionnaire data were analyzed using percentage analysis. Overall both time discipline and discipline of action showed an increase of 87.4%. This percentage is more than the minimum achievement. Thus, it can be concluded that efforts to improve the discipline of geography education students through the use of Edmodo with the blended learning method have been well achieved.

 Kata Kunci : softskills discipline, Edmodo, Blended Learning


Full Text:

PDF

References


Ali, A., Dada, I., Isiaka, G., & Salmon, S. (2014). Types, Causes and Management of Indicipline Acts Among Secondary School Students in Shomolu Local Government Area of Lagos State. Journal of Studies in Social Sciences, 154-287.

Bahri, S. (2008). Tanggung Jawab, Disiplin, Jujur itu Keren. Jakarta: KPK Direktorat Pendidikan dan Pelayanan Masyarakat.

Basori. (2013). Pemanfaatan Social Learning Network "Edmodo" dalam Membantu Perkuliahan Teori Bodi Otomotif di Prodi PTM JPTK FKIP UNS. JIPTEK , 99-105.

Delita, F., Elfayetti, & Sidauruk, T. (2016). Peningkatan Softskills dan Hardskills Mahasiswa Melalui Project-Based Learning Pada Mata Kuliah Perencanaan Pembelajaran Geografi. Jurnal Geografi ISSN 2085 - 8167, 124-135.

Elfindri, d. (2011). Softskill Untuk Pendidik. Bandung: Praninta Offset.

Hamidah, S., & Palupi, S. (2012). Peningkatan Softskill Tanggungjawab dan Disiplin Terintegrasi Melalui Pembelajaran Praktik Patiseri. Jurnal Pendidikan Karakter Tahun II, Nomor 2., 143-152.

Hikmawan, T., & Sarino, A. (2018). Pemanfaatan media pembelajaran berbasis edmodo terhadap. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 226-233.

Kelly, W. (2004). As Achievement Sails the River of Time: The Role of Time Use Efficiency in Grade-Point-Average. Educational Research Quarterly Vol. 27 No.4 , 3-8.

Moenir. (2010). Masalah-Masalah dalam Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Muhmin, A. H. (2018). Pentingnya Pengembangan Softskill Mahasiswa di Perguruan Tinggi. Forum Ilmiah Volume 15 Nomor 2 , 330-338.

Murjainah. (2016). Penggunaan Fitur Quis Edmodo Untuk Mengukur Kemampuan Kognitif Mahasiswa Pendidikan Geografi pada Mata Kuliah Geografi Hewan dan Tumbuhan. Seminar Nasional Pendidikan Serentak Se Indonesia (pp. 690-697). Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Murjainah. (2019). Keterampilan Mahasiswa Pendidikan Geografi dalam Menggunakan Edmodo Berbasis Blended Learning. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP (pp. 389-401). Serang: Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

Murjainah, Mujib, M. A., Aryaningrum, K., Arisman, & Selegi, S. F. (2019). Improvement Of Students' Soft Skills (Honesty And Motivation) Using Edmodo By Blended Learning Method . International Conference on Environmental Geography and Geography Education. Jember: Universitas Jember.

Ouma, M., Simatwa, E., & Serem, T. (2013). Management of Pupil Dicipline in Kenya: A Case Study of Kisumu Municipality. Educational Research, 374-386.

Priowirjanto, G., & Prapantja, Y. (2013). Materi Simulasi Digital: Where Learning Happens. Southeast Asian Ministers of Education Organization.

Rahmi, U., & Azrul. (2019). Transformasi Pembelajaran untuk Menciptakan Pengalaman Penggunaan TIK melalui Blended Learning. Edutech, 246-262.

Semiawan, C. (2009). Penerapan Pembelajaran Pada Anak. Jakarta: Penerbit Ideks.

Simba, N. O., Agak, J. O., & Kabuka, E. K. (2016). Impact of Discipline on Academic Performance of Pupils in Public. Journal of Education and Practice, 164-173.

Sulianta, F. (2018). Panduan Lengkap Pengembangan Softskill Interpersonal dan Interpersonal Skill. Yogyakarta: Andi Offset.

Suriadhi, G. (2014). Pengembangan E-Learning Berbasis Edmodo Pada Mata Pelajaran IPA Kelas VIII di SMPN 2 Singaraja. journal Edutech.

Tucker, C. (2012). Blended Learning in Grades 4-12. London: Corwin Press.

Yuniarti, N. E., & Ifadah, M. (2018). Keefektifan Penggunaan Aplikasi Edmodo dalam Pembelajaran Bahasa. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Unimus (Vol. 1, 2018) (pp. 460-464). Semarang: Universitas Muhamadiyah Semarang.




DOI: https://doi.org/10.24114/jtp.v12i2.15231

Article Metrics

Abstract view : 495 times
PDF - 626 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 Lisensi Creative Commons
Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP) is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.