PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN TIPE KEPRIBADIAN TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI

Ruth Melarty Simarmata, Efendi Napitupulu, Abdul Hasan Saragih

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui perbedaan hasil belajar Ekonomi siswa yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan strategi pembelajaran ekspositori. (2) Mengetahui perbedaan hasil belajar Ekonomi siswa yang memiliki tipe kepribadian eksovert dan tipe kepribadian introvert, dan (3) Mengetahui interaksi antara strategi pembelajaran dan tipe kepribadian siswa terhadap hasil belajar Ekonomi. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen. Populasi penelitian 267 orang yang berasal dari 6 kelas. sampel seluruhnya terdiri dari dua kelas dengan menggunakan cluster random sampling. Teknik analisis data penelitian dengan statistik deskriptif menyajikan data statistik inferensial untuk menguji hipotesis penelitian. Hipotesis penelitian diuji dengan menggunakan Anava 2 jalur yang sebelumnya, terlebih dahulu dilakukan uji persyaratan analisis data yaitu uji normalitas data dengan uji Lilliefors dan uji homogenitas varians dengan uji Fisher dan uji Bartlett dan dilanjutkan dengan uji Scheffe. Hasil analisis data diperoleh; (1) hasil belajar Ekonomi siswa yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih tinggi daripada yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran ekspositori. (2) hasil belajar Ekonomi siswa yang memiliki tipe kepribadian ekstrovert lebih tinggi daripada tipe kepribadian introvert, dan (3) terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan tipe kepribadian siswa dalam mempengaruhi hasil belajar Ekonomi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk meningkatkan hasil belajar Ekonomi, strategi pembelajaran kooperatif tipe STAD tepat digunakan bagi siswa yang memiliki tipe kepribadian ekstrovert. Siswa yang memiliki tipe kepribadian introvert lebih efektif dibelajarkan dengan strategi pembelajaran ekspositori.

 

Kata Kunci: strategi pembelajaran, kooperatif tipe STAD, ekspositori, kepribadian, ekonomi

 

Abstract: This study aims to: (1) Know the differences in students' economic learning outcomes taught by STAD type cooperative learning strategies and expository learning strategies. (2) Knowing the differences in students' economic learning outcomes that have ecsovert personality types and introverted personality types, and (3) Knowing the interaction between learning strategies and student personality types on economic learning outcomes. This research is a quasi-experimental research. The study population was 267 people from 6 classes. The sample consists entirely of two classes using cluster random sampling. Research data analysis techniques with descriptive statistics present inferential statistical data to test research hypotheses. The research hypothesis was tested using the Anava 2 path previously, the data analysis requirements were tested first, namely the data normality test with the Lilliefors test and the variance homogeneity test with the Fisher and Bartlett test and continued with the Scheffe test. The results of data analysis are obtained; (1) Economic learning outcomes of students who are taught with STAD type cooperative learning strategies are higher than those taught by expository learning strategies. (2) Economic learning outcomes of students who have extroverted personality types are higher than introverted personality types, and (3) there is an interaction between learning strategies and student personality types in influencing Economic learning outcomes. The results showed that to improve economic learning outcomes, STAD type cooperative learning strategies are appropriate for students who have extroverted personality types. Students who have introverted personality types are more effectively taught with expository learning strategies.

 

Keywords: learning strategies, cooperative STAD type, expository, personality, economics


Full Text:

PDF

References


Atkinson, R.L. & Hilgard. (1991). Pengantar Psikologi. (Alih bahasa: Dra. Nurdjanah Taufiq Dra. Rukmini Barhana). Jakarta: PT. Gelora Aksara Pratama

Bloom, B.S. (1976). Human Characteristics and School Learning. New York: McGraw-Hill Company

Departemen Pendidikan Nasional. (2006). Standar Kompetensi Mata Pelajaran Ekonomi. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional

Dess, R.L. (1991). The Role of Cooperative Learning in Increasing Problem Solving Ability in a College Remedial Course. Journal for Research in Mathematics Education

Dick, W., & Carey, L. (2015). The Systematic Design of Instruction. Six edition. United State of Amerika: Pearson

Dimyati & Moedjiono. (2002). Belajar dan Perkembangan. Jakarta : PT. Rineka Cipta

Gagne, R.M., & Briggs. L.J. (1979). Principles of Instructional Design. New York: Holt Rinehart and Winston

Gagne, R.M. (1985). The Conditions of Learning and Theory of Instruction. New York: Holt, Rinehart and Winston Company

Gerlach, V.S., & Ely, D.P. (1980). Teaching and Media A Systematic Approach. New Jersey: Prentice Hall Inc

Gulo, W. 2002. Strategi dan Pembelajaran. Jakarta:Grasindo

Hamalik, O. (2003). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara

Hamalik, O. (2006). Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aksara

Isjoni. (2009). Cooperative Learning. Bandung: ALFABETA

Johnson & Johnson. 2001. Psikologi Kelompok. Jakarta : Balai Pustaka

Kagan, R.H. (2000). Action in Elementary School: An Introduction. USA: John Hopkins University Press

Kauchak. (1998). Learning and Teaching: Riset and Based Method. Amerika Serikat: Aviacom Company

Kemp, J.E. (1994). Designing Effective Instruction. New York: Mic Millan Publisher

Kemp, J.E. (1995). Planing, Producing and Using Instructional Technologies. New York: Harper Collins

Killen, R. (1998). Effective Teaching Strategies: Lesson From Research and Practice, second edition. Australia: Social Science Press

Lie, A. (2004). Cooperative Learning: Mempraktekkan Cooperative Learning di Ruang-Ruang Kelas. Jakarta: PT. Grasindo

Lie, A. (2008). Kooperatif Learning. Jakarta: PT. Rajagrafindo

Poedjiadi, A. (2005). Sains Teknologi Masyarakat; Model Pembelajaran Kontekstual Bermuatan Nilai. Bandung: Remaja Rosdakarya

Reigeluth, C.M. (1983). Instructional Design Theories and Models An Overview of Their Current Status. New Jersey: Lawrence Erlbaum Associates Publisher

Romizowski, A.J. (1981). Design Instructional System. London: Kogan

Rustaman, et, al. (2003). Common Text Book Strategi Belajar mengajar Biologi. (Edisi Revisi). Bandung: JICA-IMSTEP-UPI

Sanjaya, W. (2007). Strategi Pembelajaran Beorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Sanjaya, W. (2008). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Siregar, E & Nara, H. (2010). Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta

Slavin, R.E. (1995). Cooperative Learning: Theory, Research, and Practice, (seconded). Boston: Allyn and Bacon

Slavin, R.E. (2005). Cooperative Learning: Teori, Riset, dan Praktik. Bandung: Nusa Media

Suparman, A. (2001). Desain Instruksional. Jakarta: Pau Dirjen Dikti Depdikbud

Suryabrata, S. 2002. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Suryabrata, S. (2003). Pengembangan Alat Ukur Psikologi. Yogyakarta: Penerbit Andi

Suryabrata, S. (2007). Psikologi Kepribadian. Jakarta: Raja Grafindo Persada




DOI: https://doi.org/10.24114/jtp.v12i2.15233

Article Metrics

Abstract view : 349 times
PDF - 393 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 Lisensi Creative Commons
Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP) is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.