PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN TIPE KEPRIBADIAN TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui perbedaan hasil belajar Ekonomi siswa yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan strategi pembelajaran ekspositori. (2) Mengetahui perbedaan hasil belajar Ekonomi siswa yang memiliki tipe kepribadian eksovert dan tipe kepribadian introvert, dan (3) Mengetahui interaksi antara strategi pembelajaran dan tipe kepribadian siswa terhadap hasil belajar Ekonomi. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen. Populasi penelitian 267 orang yang berasal dari 6 kelas. sampel seluruhnya terdiri dari dua kelas dengan menggunakan cluster random sampling. Teknik analisis data penelitian dengan statistik deskriptif menyajikan data statistik inferensial untuk menguji hipotesis penelitian. Hipotesis penelitian diuji dengan menggunakan Anava 2 jalur yang sebelumnya, terlebih dahulu dilakukan uji persyaratan analisis data yaitu uji normalitas data dengan uji Lilliefors dan uji homogenitas varians dengan uji Fisher dan uji Bartlett dan dilanjutkan dengan uji Scheffe. Hasil analisis data diperoleh; (1) hasil belajar Ekonomi siswa yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih tinggi daripada yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran ekspositori. (2) hasil belajar Ekonomi siswa yang memiliki tipe kepribadian ekstrovert lebih tinggi daripada tipe kepribadian introvert, dan (3) terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan tipe kepribadian siswa dalam mempengaruhi hasil belajar Ekonomi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk meningkatkan hasil belajar Ekonomi, strategi pembelajaran kooperatif tipe STAD tepat digunakan bagi siswa yang memiliki tipe kepribadian ekstrovert. Siswa yang memiliki tipe kepribadian introvert lebih efektif dibelajarkan dengan strategi pembelajaran ekspositori.
Kata Kunci: strategi pembelajaran, kooperatif tipe STAD, ekspositori, kepribadian, ekonomi
Abstract: This study aims to: (1) Know the differences in students' economic learning outcomes taught by STAD type cooperative learning strategies and expository learning strategies. (2) Knowing the differences in students' economic learning outcomes that have ecsovert personality types and introverted personality types, and (3) Knowing the interaction between learning strategies and student personality types on economic learning outcomes. This research is a quasi-experimental research. The study population was 267 people from 6 classes. The sample consists entirely of two classes using cluster random sampling. Research data analysis techniques with descriptive statistics present inferential statistical data to test research hypotheses. The research hypothesis was tested using the Anava 2 path previously, the data analysis requirements were tested first, namely the data normality test with the Lilliefors test and the variance homogeneity test with the Fisher and Bartlett test and continued with the Scheffe test. The results of data analysis are obtained; (1) Economic learning outcomes of students who are taught with STAD type cooperative learning strategies are higher than those taught by expository learning strategies. (2) Economic learning outcomes of students who have extroverted personality types are higher than introverted personality types, and (3) there is an interaction between learning strategies and student personality types in influencing Economic learning outcomes. The results showed that to improve economic learning outcomes, STAD type cooperative learning strategies are appropriate for students who have extroverted personality types. Students who have introverted personality types are more effectively taught with expository learning strategies.
Keywords: learning strategies, cooperative STAD type, expository, personality, economics
Full Text:
PDFReferences
Atkinson, R.L. & Hilgard. (1991). Pengantar Psikologi. (Alih bahasa: Dra. Nurdjanah Taufiq Dra. Rukmini Barhana). Jakarta: PT. Gelora Aksara Pratama
Bloom, B.S. (1976). Human Characteristics and School Learning. New York: McGraw-Hill Company
Departemen Pendidikan Nasional. (2006). Standar Kompetensi Mata Pelajaran Ekonomi. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional
Dess, R.L. (1991). The Role of Cooperative Learning in Increasing Problem Solving Ability in a College Remedial Course. Journal for Research in Mathematics Education
Dick, W., & Carey, L. (2015). The Systematic Design of Instruction. Six edition. United State of Amerika: Pearson
Dimyati & Moedjiono. (2002). Belajar dan Perkembangan. Jakarta : PT. Rineka Cipta
Gagne, R.M., & Briggs. L.J. (1979). Principles of Instructional Design. New York: Holt Rinehart and Winston
Gagne, R.M. (1985). The Conditions of Learning and Theory of Instruction. New York: Holt, Rinehart and Winston Company
Gerlach, V.S., & Ely, D.P. (1980). Teaching and Media A Systematic Approach. New Jersey: Prentice Hall Inc
Gulo, W. 2002. Strategi dan Pembelajaran. Jakarta:Grasindo
Hamalik, O. (2003). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara
Hamalik, O. (2006). Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aksara
Isjoni. (2009). Cooperative Learning. Bandung: ALFABETA
Johnson & Johnson. 2001. Psikologi Kelompok. Jakarta : Balai Pustaka
Kagan, R.H. (2000). Action in Elementary School: An Introduction. USA: John Hopkins University Press
Kauchak. (1998). Learning and Teaching: Riset and Based Method. Amerika Serikat: Aviacom Company
Kemp, J.E. (1994). Designing Effective Instruction. New York: Mic Millan Publisher
Kemp, J.E. (1995). Planing, Producing and Using Instructional Technologies. New York: Harper Collins
Killen, R. (1998). Effective Teaching Strategies: Lesson From Research and Practice, second edition. Australia: Social Science Press
Lie, A. (2004). Cooperative Learning: Mempraktekkan Cooperative Learning di Ruang-Ruang Kelas. Jakarta: PT. Grasindo
Lie, A. (2008). Kooperatif Learning. Jakarta: PT. Rajagrafindo
Poedjiadi, A. (2005). Sains Teknologi Masyarakat; Model Pembelajaran Kontekstual Bermuatan Nilai. Bandung: Remaja Rosdakarya
Reigeluth, C.M. (1983). Instructional Design Theories and Models An Overview of Their Current Status. New Jersey: Lawrence Erlbaum Associates Publisher
Romizowski, A.J. (1981). Design Instructional System. London: Kogan
Rustaman, et, al. (2003). Common Text Book Strategi Belajar mengajar Biologi. (Edisi Revisi). Bandung: JICA-IMSTEP-UPI
Sanjaya, W. (2007). Strategi Pembelajaran Beorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Sanjaya, W. (2008). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Siregar, E & Nara, H. (2010). Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta
Slavin, R.E. (1995). Cooperative Learning: Theory, Research, and Practice, (seconded). Boston: Allyn and Bacon
Slavin, R.E. (2005). Cooperative Learning: Teori, Riset, dan Praktik. Bandung: Nusa Media
Suparman, A. (2001). Desain Instruksional. Jakarta: Pau Dirjen Dikti Depdikbud
Suryabrata, S. 2002. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Suryabrata, S. (2003). Pengembangan Alat Ukur Psikologi. Yogyakarta: Penerbit Andi
Suryabrata, S. (2007). Psikologi Kepribadian. Jakarta: Raja Grafindo Persada
DOI: https://doi.org/10.24114/jtp.v12i2.15233
Article Metrics
Abstract view : 395 timesPDF - 414 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP) is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.