PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN KEMANDIRIAN SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran portofolio lebih tinggi dari siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran ekspositori. (2) mengetahui hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa yang memiliki Kemandirian Tinggi Dan kemandirian rendah. (3) mengetahui interaksi antara strategi pembelajaran dengan kemandirian terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 2 Takengon Kabupaten Aceh Tengah. Populasi berjumlah 207 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan cluster random sampling berjumlah 55 orang yang terdiri dari kelas A.1 dan A.2. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain faktorial 2 x 2. Uji statistik yang digunakan adalah statistik deskriptif untuk menyajikan data dan dilanjutkan dengan statistik inferensial dengan menggunakan ANAVA dua jalur dengan taraf signifikan α = 0,05 yang dilanjutkan dengan uji Scheffe. Sebelumnya dilakukan uji analisis berupa uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian menunjukan: (1) hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa yang diajarkan dengan strategi pembelajaran portofolio lebih tinggi dari pada hasil belajar siswa yang diajarkan dengan strategi pembelajaran ekspositori; (2) hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa yang memiliki kemandirian tinggi dari pada hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa yang memiliki kemandirian rendah; (3) terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dengan kemandirian dalam mempengaruhi hasil belajar siswa.
Kata Kunci: portopolio, ekspositori, kemandirian, agama islam
Abstract: This study aims to: (1) find out the learning outcomes of Islamic Religious Education students who are taught with portfolio learning strategies are higher than students who are taught with expository learning strategies. (2) knowing the learning outcomes of Islamic Religious Education students who have High Independence and Low Independence. (3) find out the interaction between learning strategies and independence of learning outcomes of Islamic Religious Education. This research was conducted at SMA Negeri 2 Takengon, Central Aceh District. The population is 207 people. Sampling was done by cluster random sampling totaling 55 people consisting of classes A.1 and A.2. The research method used was a quasi-experimental with 2 x 2 factorial design. The statistical test used was descriptive statistics to present data and continued with inferential statistics using two-way ANOVA with a significant level α = 0.05 followed by the Scheffe test. Previously conducted an analysis test in the form of a normality test and a homogeneity test. The results showed: (1) the learning outcomes of Islamic Religious Education students who were taught with portfolio learning strategies were higher than the learning outcomes of students who were taught with expository learning strategies; (2) learning outcomes of Islamic Religious Education students who have high independence than the learning outcomes of Islamic Religious Education students who have low independence; (3) there is an interaction between learning strategies and independence in influencing student learning outcomes.
Keywords: portfolio, expository, independence, Islamic religion
Full Text:
PDFReferences
Barry dan King. (1994) http:/www. Pembelajaran ekspositori .co/) yang dikutip pada hari Selasa, tanggal 8 Desember 2018).
Brady. (1985) http:/www. Pembelajaran ekspositori . jhargis.co/) yang dikutip pada hari Selasa, tanggal 8 Desember 2018).
Dick and Carey (2005) The Sistemati Design of Instruction, Illion : Scott Forresman CO.
Djamarah dan Zain, (2002) Strategi Belajar Mengajar, Jakarta :Rineka Cipta
Djamarah. (1994) Strategi Belajar Mengajar, Cet.3, Rineka Cipta Jakarta ,Jakarta :Rineka Cipta
Fajar, (2005) Pembelajaran Fortopolio Jakarta : Rineka Cipta
Gafar, A.,Irpan dan Jamil, Muhammad, B.M. (2003). Re-Formulasi Rancangan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam: Jakarta: Nur Insani.
Gagne , (1977) , The Conditioning of Learning, Design. New York : Holt Rinehart, Wintson
Gagne dan Briggs, (1979) Principles of instructional, Design. New York : Holt Rinehart, Wintson
Gerlach dan Elly , (1989) http:/www.jhargis.co/) yang dikutip pada hari Sabtu, tanggal 11 Desember 2011).
Nurhadi , (2003), Pendekatan Konstekstual Dalam Pembelajaran , Jakarta : Rineka Cipta
Reber, S.A., Reber, S.E. (2010). Kamus Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Reigeluth dan Merill, (1989) Instructional Design Theories and Models Design. New York : Holt Rinehart, Wintson
Reigeluth, (1983) Instructional theorios in action Design. New York : Holt Rinehart, Wintson
Romizowski, (1981) Designing Instructional System. New York : Nichol Publishing Company.
Rully Medan, (2008) Pengaruh Model pembelajaran berbasis portofolio dan kemampuan awal terhadap hasil belajar pendidikan kewarganegaraan siswa kelas I SMA Negeri di Kabupaten Gayo Lues, Tesis, Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Medan
Sardiman A.M, (2005) Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pres
Sehunk, Zimmerman, (1998) http:/www. Self Regulated Learning. jhargis.co/) yang dikutip pada hari Selasa , tanggal 9 September 2011).
Snellbecker, (1974) Learning Theory, Instructional Theory, and Psychoeducational, Design, New York ;Mc Graw Hill
Sudjana, (2000) Metode Statistik . Bandung :Tarsito
Sudjana, (1989) Prosedur Penelitian. Jakarta :Rineka Cipta
Wardiman , (2001) Strategi Belajar Mengajar, Jakarta : Rineka Cipta
Wongsri, N., Cantwell, R.H, Archer J. (2002). The Validation of Measures of Self-Efficacy, Motivation and self-Regulated Learning among Thai tertiary Students. Paper presented at the Annual Conference of the Australian Association for Research in Education, Brisbane, December 2002
Zamroni. (2003). Paradigma Pendidikan Masa Depan. Yogyakarta: Bigraf Publishing.
Zimmerman, B. J. (1998). Theories of self-regulated learning and academic achievement: An overview and analysis. Mahwah, NJ: Lawrence Erlbaum Associates, Inc.
DOI: https://doi.org/10.24114/jtp.v12i2.15234
Article Metrics
Abstract view : 444 timesPDF - 366 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP) is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.