PENERAPAN KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN DIRECT INSTRUCTION DENGAN JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PENGELOLAAN KARTU PIUTANG

Marolop Simbolon

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa pada materi Pengelolaan Kartu Piutang di kelas XI AKL SMK Negeri 1 Sidikalang melalui penerapan kolaborasi pembelajaran Direct Instruction dengan Jigsaw, mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada materi Pengelolaan Kartu Piutang di kelas XI AKL SMK Negeri 1 Sidikalang. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (Action Research). Penerapan model pembelajaran Direct Instruction dengan Jigsaw membuktikan peningkatan hasil belajar siswa, terlihat dari postest siklus I nilai rata-rata siswa 66,25 dan pada postes siklus II nilai rata-rata 76,66 maka nilai rata-rata mengalami peningkatan sebesar 10,41 poin. Dari persentase ketuntasan secara klasikal dapat dilihat bahwa pada siklus I terdapat 19,45 % siswa yang tuntas secara klasikal dan pada siklus II meningkat menjadi 88,89%. Jadi kriteria ketuntasan secara klasikal sebesar 85% telah terpenuhi. Dengan menerapkan model pembelajaran Direct Instruction dengan Jigsaw pada siswa kelas XI AKL di SMK Negeri 1 Sidikalang T.P 2018/2019 menunjukkan peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa pada Materi Pengelolaan Kartu Piutang yang signifikan dari siklus I ke siklus II.

 

Kata Kunci: kolaborasi, model pembelajaran, direct instruction, jigsaw, motivasi belajar, hasil belajar, pengelolaan kartu piutang.

 

Abstract: This study aims to find out the increase in student learning motivation on the Material of Credit Card Management in class XI AKL Vocational High School 1 Sidikalang through the implementation of Direct Instruction learning collaboration with Jigsaw, find out the increase in student learning outcomes in the Material of Credit Card Management in Class XI AKL Vocational High School 1 Sidikalang. This research uses the Classroom Action Research (Action Research) method. The application of the Direct Instruction learning model with Jigsaw proves an increase in student learning outcomes, seen from the first post-test cycle the average value of students is 66.25 and in the post-second cycle the average value is 76.66 then the average value has increased by 10.41 points . From the percentage of completeness classically it can be seen that in cycle I there were 19.45% of students who finished classically and in cycle II it increased to 88.89%. So the classical completeness criteria of 85% has been met. By applying the Direct Instruction learning model with Jigsaw in class XI AKL students at Vocational High School 1 Sidikalang T.P 2018/2019 showed a significant increase in student motivation and learning outcomes in the Material Management of Receivable Cards from cycle I to cycle II.

 

Keywords: collaboration, learning model, direct instruction, jigsaw, learning motivation, learning outcomes, credit card management.


Full Text:

PDF

References


Arends, R. (1997). Model-Model Pembelajaran Inovatif berorientasi Konstuktivitis. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.

Arends, R. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Yrama Widya

Arikunto, S.. dkk. (2009). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik Jakarta: Rineka Cipta

______. (2010). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara

Herlina. (2010). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw. Bandung: Bumi Aksara

Ibrahim ,dkk. (2008). Pembelajaran Kooperatif. Jakarta: UNESA

Irmayanti. (2008). Upaya Meningkatkan Aktivitas Hasil Belajar Dengan Penerapan Model Direct Contruction Pada Materi Pokok System Informasi Di Kelas XI SMA Budi Murni. Skripsi. Medan. Fakultas Matematika Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Medan

Purwanto. (2009). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta : Pustaka Belajar

Sappaile, I. (2008). Pengaruh Tipe Tes dan Motivasi Berprestasi Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik SMAN 30 DKI Jakarta. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan No 072. Tahun ke 14 Mei 2008. p.477.

Siagian. (2007). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif jigsaw dengan strategi pembelajaran berbasis masalah Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Fisika Siswa Pada Materi Pokok Getaran dan Gelombang di Kelas VIII SMPN 2 Pintu Pohan Meranti Kab.Toba Samosir T.P 2006/2007. Skripsi. Medan: Fakultas Matematika Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Medan

Sirait, Pirmatua. (2008). Kontribusi Motivasi Belajar Akuntansi Terhadap Hasil Belajar Jurusan Akuntansi. Jurnal. Medan : Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan

Sutrisno. (2009). Upaya meningkatkan keaktifan dan hasil belajar dengan Jigsaw pada pelajaran akuntansi siswa kelas X AK 1 di SMK Swasta HKBP Tarutung tahun pelajaran 2009/2010. Skripsi. Medan : Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan

Uno, Hamzah B. (2010). Teori Motivasi Dan Pengukuran. Jakarta : Bumi Aksara

Wahyuni, Esa Nur. (2010). Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media




DOI: https://doi.org/10.24114/jtp.v13i1.17999

Article Metrics

Abstract view : 400 times
PDF - 271 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 Lisensi Creative Commons
Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP) is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.