PENERAPAN METODE LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN DISIPLIN BELAJAR SISWA

Jamilin Simbolon

Abstract


Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan disiplin belajar siswa kelas X TKJ SMK Negeri 1 Sidikalang TP. 2017/2018”.Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X TKJ 1 yang memiliki disiplin belajar dalam kategori rendah yaitu sebanyak 10 orang siswa.  Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Bimbingan Kelompok  (PTBK). Peneliti menggunakan 4 jenis teknik dalam layanan bimbingan kelompok yaitu Problem Solving, Role Playing, Diskusi dan Sosiodrama. Keseluruhan teknik tersebut dapat meningkatkan didiplin belajar siswa SMK Negeri 1 Sidikalang.Peneliti melakukan 2 siklus. Pada siklus I hasil uji disiplin belajar siswa memperlihatkan bahwa 4 orang siswa yang sebelumnya berkategori rendah berubah menjadi kategori tinggi, dan terdapat 6 orang siswa yang awalnya dalam kategori rendah berubah menjadi kategori sedang. Namun peningkatan tersebut belum mencapai ambang batas keberhasilan yaitu 70%, maka peneliti melanjutkan ke  siklus II dengan melakukan beberapa perbaikan atas kekurangan yang penulis temukan saat melakukan siklus I. hasil uji pada pada siklus II sangat memuaskan yaitu seluruh siswa yang menjadi subjek penelitian memperoleh kategori tinggi.

 

Kata Kunci: layanan bimbingan kelompok, disiplin belajar.

 

Abstract: The purpose of this study is to improve the discipline of student learning in class X TKJ Vocational High School Negeri 1 Sidikalang TP. 2017/2018 ". Subjects in this study are students of class X TKJ 1 who have the discipline of learning in the low category as many as 10 students. This type of research is the Group Guidance Action Research (PTBK). Researchers used 4 types of techniques in group guidance services namely Problem Solving, Role Playing, Discussion and Sociodrama. All of these techniques can increase the discipline of learning for students of Vocational High School 1 Sidikalang. Researchers conduct 2 cycles. In the first cycle the results of the student learning discipline test showed that 4 students who were previously categorized low turned into the high category, and there were 6 students who initially in the low category turned into the medium category. But the increase has not reached the threshold of success that is 70%, the researchers proceeded to cycle II by making some improvements to the deficiencies that the authors found during cycle I. The test results in the second cycle were very satisfying that all students who were the subjects of the study received high categories .

                                                            

Keywords: group guidance service, learning discipline


Full Text:

PDF

References


A.M, Sudirman. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Press.

Arif, Rahman. (2011). Investasi Cerdas. Jakarta. Gagas Media.

Astuti, R.D. (2015). Rochayatun Dwi Astuti, dalam judul Teknik Modeling dalam Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa SMA Negeri 3 Yogyakarta. Skripsi. Jurusan Bimbingan dan Konseling Islam, Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Negeri Sunan Kalijaga.

Dewi, Rosmala. (2010). Penelitian Pendidikan (Desain Emperial dan PTK). Pasca Sarjana Universitas Negeri Medan.

Hartinah, DS. (2009). Konsep Dasar Bimbingan Kelompok. Bandung: Rafika Aditama.

Hallen, A. (2005). Bimbingan dan Teknik Konseling, Jakarta: Quantum Teaching.

Prayitno. (1997). Jenis Layanan dan Kegiatan Pendukung Konseling.Padang: UNP .

_______. (2004). Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling, Jakarta: Rineka Cipta.

Tohirin. (2011). Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah. Jakarta: Rajawali Pers.

Winkel & Hastuti Sri. (2007). Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi.

Rifa’i, Achmad. (2011). Psikologi Pendidikan. Semarang. UNNES Press.

Slameto. (2013). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Faiqotul, Isnaini. dkk. (2015) Strategi Self-Management Untuk Meningkatkan Kedisiplinan Belajar di SMP Negeri 2 Margoyoso Pati Jalan Tambak Buntu Purworejo. Jurnal Penelitian Humaniora, 16 (2) 33-42, Agustus 2015.

Yasin, S. (2010). Pengertian Kedisiplinan Belajar Siswa Definisi. Artikel. http://www.sarjanaku.com/2010/12/kedisiplinan-belajar-siswa.html. Diakses pada 10 Februari 2018.

Muhammad, Khafid. (2007). Pengaruh Disiplin Belajar Dan Lingkungan Keluarga Terhadap Hasil Belajar Ekonomi. Jurnal. Jurnal Pendidikan Ekonomi 2 (2) 2.

Syarifudin. (2005). Jurnal Edukasi. Bandung: Mandar Maju.

Suradi. (2011). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Disiplin Belajar. http://pengertian-pengertian-info.blogspot.co.id/2015/05/pengertian-dan-fungsi-disiplin-belajar.html




DOI: https://doi.org/10.24114/jtp.v13i1.18002

Article Metrics

Abstract view : 3147 times
PDF - 4834 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 Lisensi Creative Commons
Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP) is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.