PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN MINAT KEJURUAN TERHADAP HASIL BELAJAR MENGUASAI DASAR INSTALASI LISTRIK PESERTA DIDIK PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK PEMANFAATAN TENAGA LISTRIK
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perbedaan hasil belajar Dasar Instalasi Listrik peserta didik yang diajar dengan strategi pembelajaran kontekstual dibandingkan dengan peserta didik yang diajar dengan strategi pembelajaran ekspositori, mengetahui perbedaan hasil belajar Dasar Instalasi Listrik peserta didik yang memiliki minat kejuruan tinggi dibandingkan dengan peserta didik yang memiliki minat kejuruan rendah, dan mengetahui interaksi antara strategi pembelajaran dengan minat kejuruan dalam mempengaruhi hasil belajar Dasar Instalasi Listrik peserta didik. Metode penelitian quasi eksperimen, populasi 120 orang, teknik pengambilan sampel dengan Cluster Random Sampling, analisis varians dua jalur Two Way Anava (2x2), taraf signifikansi a = 0,05, menggunakan Uji-F, dan pengujian uji lanjut dengan uji Scheffe. Hasil penelitian diperoleh; peserta didik yang diajar dengan strategi pembelajaran kontekstual lebih tinggi dibandingkan dengan ekspositori, peserta didik yang memiliki minat kejuruan tinggi lebih tinggi dibandingkan dengan minat kejuruan rendah, dan terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dengan minat kejuruan dalam mempengaruhi hasil belajar Dasar Instalasi Listrik peserta didik.
Kata Kunci: Strategi Pembelajaran, Minat Kejuruan, Hasil Belajar, Dasar Instalasi Listrik
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/jtp.v7i1.1850
Article Metrics
Abstract view : 282 timesPDF - 111 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP) is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.