PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN MINAT KEJURUAN TERHADAP HASIL BELAJAR MENGUASAI DASAR INSTALASI LISTRIK PESERTA DIDIK PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK PEMANFAATAN TENAGA LISTRIK

Binahar Siagian, Julaga Situmorang

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perbedaan hasil belajar Dasar Instalasi Listrik peserta didik yang diajar dengan strategi pembelajaran kontekstual dibandingkan dengan peserta didik yang diajar dengan strategi pembelajaran ekspositori, mengetahui perbedaan hasil belajar Dasar Instalasi Listrik peserta didik yang memiliki minat kejuruan tinggi dibandingkan dengan peserta didik yang memiliki minat kejuruan rendah, dan mengetahui interaksi antara strategi pembelajaran dengan minat kejuruan dalam mempengaruhi hasil belajar Dasar Instalasi Listrik peserta didik. Metode penelitian quasi eksperimen, populasi 120 orang, teknik pengambilan sampel dengan Cluster Random Sampling, analisis  varians dua jalur Two Way Anava (2x2), taraf signifikansi a = 0,05, menggunakan Uji-F, dan pengujian uji lanjut  dengan uji Scheffe.  Hasil penelitian diperoleh; peserta didik yang diajar dengan strategi pembelajaran kontekstual lebih tinggi dibandingkan dengan ekspositori, peserta didik yang memiliki minat kejuruan tinggi lebih tinggi dibandingkan dengan minat kejuruan rendah, dan terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dengan minat kejuruan dalam mempengaruhi hasil belajar Dasar Instalasi Listrik peserta didik.

 

Kata Kunci: Strategi Pembelajaran, Minat Kejuruan, Hasil Belajar, Dasar Instalasi Listrik


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jtp.v7i1.1850

Article Metrics

Abstract view : 243 times
PDF - 96 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 Lisensi Creative Commons
Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP) is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.