PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN

Authors

  • Berlian Juni Rosmawati Juni Rosmawati Marpaung Guru SMK Negeri 10 Medan
  • Efendi Napitupulu Dosen Pascasarjana Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.24114/jtp.v7i1.1851

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran talking stick dan ekspositori terhadap hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan siswa, pengaruh perbedaan gaya belajar kinestetik dan auditori terhadap hasil belajar pendidikan kewarganegaraan siswa, dan interaksi antara strategi pembelajaran dengan gaya belajar dalam mempengaruhi hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan siswa. Metode penelitian quasi eksperimen, populasi 200 orang, teknik pengambilan sampel dengan Cluster Random Sampling, analisis  varians dua jalur Two Way Anava (2x2), taraf signifikansi a = 0,05, menggunakan Uji-F, dan pengujian uji lanjut  dengan uji Scheffe.  Hasil penelitian diperoleh; siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran talking stick memperoleh hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan lebih tinggi dibandingkan dengan strategi pembelajaran ekspositori, siswa yang memiliki gaya belajar kinestetik memperoleh hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan yang lebih tinggi dibandingkan dengan gaya belajar auditori, dan terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan gaya belajar dalam mempengaruhi hasil belajar pendidikan kewarganegaraan siswa.   Kata Kunci: Strategi Pembelajaran, Gaya Belajar, Hasil Belajar, Pendidikan Kewarganegaraan

Author Biographies

Berlian Juni Rosmawati Juni Rosmawati Marpaung, Guru SMK Negeri 10 Medan

SMK Negeri 10 Medan

Efendi Napitupulu, Dosen Pascasarjana Universitas Negeri Medan

Pascasarjana Universitas Negeri Medan

Downloads

How to Cite

Marpaung, B. J. R. J. R., & Napitupulu, E. (2017). PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN. Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP), 7(1), 24–34. https://doi.org/10.24114/jtp.v7i1.1851