PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF DAN MOTIF BERPRESTASI TERHADAP HASIL BELAJAR MATA DIKLAT KEWIRAUSAHAAN

Authors

  • Robert Silaban Staf Pengajar Pendidikan Teknik Mesin Fakultas Teknik Unimed

DOI:

https://doi.org/10.24114/jtp.v7i1.1853

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perbedaan hasil belajar Kewirausahaan siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dibandingkan dengan siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran kooperatif tipe STAD, hasil belajar Kewirausahaan siswa yang memiliki motif berprestasi tinggi dengan hasil belajar siswa yang memiliki motif berprestasi rendah, ada tidaknya interaksi antara strategi pembelajaran dan motif berprestasi siswa terhadap hasil belajar Kewirausahaan. Metode penelitian menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain penelitian faktorial 2x2, sedangkan teknik analisis data menggunakan ANAVA dua jalur pada taraf signifikansi a = 0.05. Hasil penelitian diperoleh; hasil belajar Kewirausahaan siswa yang diajarkan dengan strategi pembelajaran kooperatif tipe jigsaw lebih baik dari pada hasil belajar Kewirausahaan siswa yang diajarkan dengan strategi pembelajaran kooperatif tipe STAD, hasil belajar Kewirausahaan siswa yang memiliki motif berprestasi tinggi lebih baik dari pada hasil belajar Kewirausahaan siswa yang memiliki motif berprestasi rendah, dan terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dengan motif berprestasi dalam mempengaruhi hasil belajar siswa.   Kata Kunci: strategi pembelajaran kooperatif, motif  berprestasi, hasil belajar, kewirausahaan

Author Biography

Robert Silaban, Staf Pengajar Pendidikan Teknik Mesin Fakultas Teknik Unimed

Fakultas Teknik Unimed

Downloads

How to Cite

Silaban, R. (2017). PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF DAN MOTIF BERPRESTASI TERHADAP HASIL BELAJAR MATA DIKLAT KEWIRAUSAHAAN. Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP), 7(1), 80–92. https://doi.org/10.24114/jtp.v7i1.1853