PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN KEMAMPUAN AWAL TERHADAP HASIL BELAJAR PENGETAHUAN KEUDARAAN

Authors

  • Dwiyanto . Staf Akademi Teknik Akademi Teknik dan Keselamatan Penerbangan Medan
  • Abdul Hasan Saragih Dosen Pascasarjana Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.24114/jtp.v7i2.1855

Abstract

Abastrak: Penelitian ini bertujuan untuk; mengetahui hasil belajar Pengetahuan Keudaraan kelompok taruna yang diajarkan dengan Strategi Pengorganisasian Pembelajaran Elaborasi dengan Strategi Pembelajaran  Ekspositori, mengetahui hasil belajar Pengetahuan Keudaraan taruna yang memiliki Kemampuan Awal Tinggi dan Kemampuan Awal Rendah, dan ada tidaknya  interaksi antara Strategi Pembelajaran dan Kemampuan Awal taruna terhadap hasil belajar Pengetahuan Keudaraan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; hasil belajar pengetahuan keudaraan taruna yang diajar dengan strategi pembelajaran Elaborasi lebih tinggi daripada hasil belajar pengetahuan keudaraan taruna yang diajar dengan strategi pembelajaran Ekspositori, hasil belajar pengetahuan keudaraan taruna yang memiliki kemampuan awal tinggi lebih tinggi daripada hasil belajar pengetahuan keudaraan taruna yang memiliki kemampuan awal rendah, dan terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan kemampuan awal taruna dalam mempengaruhi hasil belajar pengetahuan keudaraan. Kata Kunci: strategi pembelajaran,kemampuan awal, hasil belajar pengetahuan keudaraan

Author Biographies

Dwiyanto ., Staf Akademi Teknik Akademi Teknik dan Keselamatan Penerbangan Medan

Akademi Teknik Akademi Teknik dan Keselamatan Penerbangan Medan

Abdul Hasan Saragih, Dosen Pascasarjana Universitas Negeri Medan

Pascasarjana Universitas Negeri Medan

Downloads

How to Cite

., D., & Saragih, A. H. (2015). PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN KEMAMPUAN AWAL TERHADAP HASIL BELAJAR PENGETAHUAN KEUDARAAN. Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP), 7(2), 105–116. https://doi.org/10.24114/jtp.v7i2.1855