PENERAPAN MODEL QUANTUM LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AUTOCAD TEKNIK GAMBAR BANGUNAN
Abstract
Abstrak: Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk: Meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran autocad siswa kelas X kompetensi teknik gambar bangunan, Menerapkan model quatum learning untuk perbaikan pembelajaran autocad siswa, Menumbuhkan respon positif terhadap mata pelajaran autocad dengan penerapan model quantum learning pada siswa. Penelitian ini dilaksanakan SMK Negeri 1 Stabat. Subjek penelitian adalah 34 orang siswa kelas X Teknik Gambar Bangunan. Penelitian in dilaksanakan dalam tiga siklus. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi langsung terhadap parameter keaktifan siswa dalam mengerjakan tugas, penilaian unjuk kerja, dilakukan untuk mengupulkan data peningkatan hasil belajar siswa pada aspek psikomotor dan lembar observasi digunakan untuk mengumpulkan data keaktifan siswa terhadap model pembelajaran quantum learning yang diterapkan. Analisis data kuantitatif dilakukan dengan teknik deskriftif dan data kualitatif dengan analisis rekaman pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan; menerapkan model pembelajaran Quantum Learning baik, baik untuk meningkatkan hasil belajar Autocad siswa. Dengan menerapkan metode quantum learning baik untuk meningkatkan keaktifan belajar Autocad pada siswa. Dengan menerapkan Model Quantum Learning ternyata mendapat respon sangat positif dari siswa terhadap belajar Autocad sehingga respon siswa terhadap penerapan quantum learning termasuk kategori baik.
Kata Kunci: model quantum learning, autocad, teknik gambar bangunan
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/jtp.v7i2.1856
Article Metrics
Abstract view : 1827 timesPDF - 1115 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP) is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.