PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA JEPANG
DOI:
https://doi.org/10.24114/jtp.v7i2.1857Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; Perbedaan hasil belajar bahasa Jepang siswa yang dibelajarkan dengan Strategi Pembelajaran Kontekstual lebih tinggi daripada siswa yang dibelajarkan dengan Strategi Pembelajaran Ekspositori, Perbedaan siswa yang memiliki motivasi berprestasi tinggi memperoleh hasil belajar bahasa Jepang yang lebih tinggi daripada siswa yang memiliki motivasi berprestasi rendah, dan Interaksi antara strategi pembelajaran kontekstual dan motivasi berprestasi di dalam memberikan pengaruh hasil belajar bahasa Jepang siswa. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XII-IPA, banyaknya 196 orang. Adapun sampelnya adalah kelas XII-IPA 1 dan XII-IPA 3 sebanyak 80 orang. Metode penelitian ini adalah eksperimen dengan faktorial 2 x 2. Hasil penelitian adalah: Hasil belajar bahasa Jepang siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran kontekstual lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang diajar dengan strategi Ekspositori, Motivasi berprestasi tinggi dan motivasi berprestasi rendah memberikan hasil belajar yang berbeda, sedangkan skor rata-rata hasil belajar bahasa Jepang pada kelompok siswa yang memiliki motivasi berprestasi rendah, terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dengan motivasi berprestasi hasil belajar bahasa Jepang. Kata Kunci: strategi pembelajaran, motivasi berprestasi, hasil belajar bahasa jepangDownloads
How to Cite
Br. Barus, M., & Sitompul, H. (2015). PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA JEPANG. Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP), 7(2), 129–140. https://doi.org/10.24114/jtp.v7i2.1857
Issue
Section
Articles
License

Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP) is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.