PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR RANGKAIAN LISTRIK II DAN KESELAMATAN PENERBANGAN

Authors

  • Riyanto Saputro Akademi Teknik dan Keselamatan Penerbangan Medan
  • R. Mursid . Fakultas Teknik Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.24114/jtp.v7i2.1859

Abstract

Abstrak: Penelitian ini merupakan sebuah Penelitian Tindakan Kelas yang bertujuan untuk: meningkatkan hasil pembelajaran Rangkaian Listrik II, meningkatkan performa instruktur di dalam kelas dalam menyampaikan materi menggunakan metode yang sesuai dengan kondisi dan karakteristik taruna serta kurikulum yang ada, dan mengetahui dampak positif terhadap taruna yang dihasilkan sebagai efek penerapan pembelajaran penemuan terbimbing pada mata kuliah Rangkaian Listrik II dengan topik bahasan Rangkaian RC dan RL pada AC Circuit. Penelitian dilaksanakan di Akademi Teknik dan Keselamatan Penerbangan Medan. Metode penelitian yang dilakukan adalah Tindakan Kelas secara kolaboratif. Hasil penelitian menunjukkan: pengetahuan awal taruna sangat bervariasi, penerapan pendekatan pembelajaran penemuan terbimbing  terjadi kenaikan hasil belajar pada ranah kognitif sebesar  64,17%, ranah afektif terjadi perkembangan sebesar 43,70% dan ranah psikomotor terjadi kenaikan sebesar 68,93%, penerapan pendekatan penemuna terbimbing  dapat meningkatkan kemampuan instruktur dalam membuat perencanaan pembelajaran dan pelaksanaannya. Kata Kunci: pembelajaran penemuan terbimbing, rangkaian listrik, keselamatan penerbangan

Author Biographies

Riyanto Saputro, Akademi Teknik dan Keselamatan Penerbangan Medan

Akademi Teknik dan Keselamatan Penerbangan Medan

R. Mursid ., Fakultas Teknik Universitas Negeri Medan

Fakultas Teknik Universitas Negeri Medan

Downloads

How to Cite

Saputro, R., & ., R. M. (2015). PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR RANGKAIAN LISTRIK II DAN KESELAMATAN PENERBANGAN. Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP), 7(2), 153–164. https://doi.org/10.24114/jtp.v7i2.1859