PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN TIPE KEPRIBADIAN TERHADAP HASIL BELAJAR STRATEGI BELAJAR MENGAJAR

Authors

  • Rosdiana Siregar Fakultas Bahasa dan Sastra Universitas Negeri Medan
  • Julaga Situmorang Dosen Pascasarjana Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.24114/jtp.v7i2.1860

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: perbedaan hasil belajar mahasiswa yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran kolaboratif dan mahasiswa yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran ekspositori, perbedaan hasil belajar mahasiswa yang memiliki kepribadian sanguin dan mahasiswa yang memiliki kepribadian phlegmatis, dan interaksi antara strategi pembelajaran dan kepribadian terhadap hasil belajar mahasiswa.Populasi pada penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Jurusan Bahasa Indonesia berjumlah 141. Teknik penarikan sampel yang digunakan adalah teknik cluster random sampling.Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dengan disain faktorial 2 x 2. Teknik analisa data menggunakan Anava dua jalur pada taraf signifikansi 0,05.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: hasil belajar mahasiswa yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran kolaboratif lebih tinggi dibandingkan dengan mahasiswa yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran ekspositori,hasil belajar mahasiswa yang memiliki kepribadian sanguin lebih tinggi dibandingkan dengan mahasiswa yang memiliki kepribadian phlegmatis, dan terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan tipe kepribadian terhadap hasil belajar mahasiswa.   Kata kunci: strategi pembelajaran, kepribadian, hasil belajar strategi belajar mengajar

Author Biographies

Rosdiana Siregar, Fakultas Bahasa dan Sastra Universitas Negeri Medan

Fakultas Bahasa dan Sastra Universitas Negeri Medan

Julaga Situmorang, Dosen Pascasarjana Universitas Negeri Medan

Pascasarjana Universitas Negeri Medan

Downloads

How to Cite

Siregar, R., & Situmorang, J. (2015). PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN TIPE KEPRIBADIAN TERHADAP HASIL BELAJAR STRATEGI BELAJAR MENGAJAR. Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP), 7(2), 165–176. https://doi.org/10.24114/jtp.v7i2.1860