PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN TIPE KEPRIBADIAN TERHADAP HASIL BELAJAR STRATEGI BELAJAR MENGAJAR

Rosdiana Siregar, Julaga Situmorang

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: perbedaan hasil belajar mahasiswa yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran kolaboratif dan mahasiswa yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran ekspositori, perbedaan hasil belajar mahasiswa yang memiliki kepribadian sanguin dan mahasiswa yang memiliki kepribadian phlegmatis, dan interaksi antara strategi pembelajaran dan kepribadian terhadap hasil belajar mahasiswa.Populasi pada penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Jurusan Bahasa Indonesia berjumlah 141. Teknik penarikan sampel yang digunakan adalah teknik cluster random sampling.Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dengan disain faktorial 2 x 2. Teknik analisa data menggunakan Anava dua jalur pada taraf signifikansi 0,05.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: hasil belajar mahasiswa yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran kolaboratif lebih tinggi dibandingkan dengan mahasiswa yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran ekspositori,hasil belajar mahasiswa yang memiliki kepribadian sanguin lebih tinggi dibandingkan dengan mahasiswa yang memiliki kepribadian phlegmatis, dan terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan tipe kepribadian terhadap hasil belajar mahasiswa.

 

Kata kunci: strategi pembelajaran, kepribadian, hasil belajar strategi belajar mengajar


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jtp.v7i2.1860

Article Metrics

Abstract view : 195 times
PDF - 13 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 Lisensi Creative Commons
Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP) is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.