PENERAPAN METODE BERMAIN DAPAT MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DALAM PEMBELAJARAN SAINS DI TAMAN KANAK-KANAK

Authors

  • Rosleiner Pohan Taman Kanak-Kanak (TK) Aisyiyah Medan
  • Ibrahim Gultom Dosen Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.24114/jtp.v7i2.1861

Abstract

Abstrak: Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mengetahui penerapan metode bermain dalam pembelajaran sains untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Secara umum analisis data penelitian yang digunakan menggunakan pendekatan analisis kualitatif yaitu untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran tematik yang dilaksanakan di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Medan, sedangkan secara khusus untuk mengukur perbedaan hasil siklus pertama dan siklus kedua digunakan analisis statistik t-tes pada taraf signifikansi a = 0,05. Temuan penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran sains yang dilakukan melalui metode bermain dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis anak dalam pembelajaran sains. Hal ini terlihat dari meningkatnya persentase anak pada siklus pertama yang memiliki kemampuan berpikir kritis tinggi yaitu 54,16% maka pada siklus kedua meningkat menjadi 83,33%. Fakta tersebut didukung hasil pengujian statistik t-test dengan harga t hitung = 3,54 dan harga t tabel = 1,71. Kata Kunci: metode bermain dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dalam pembelajaran sains

Author Biographies

Rosleiner Pohan, Taman Kanak-Kanak (TK) Aisyiyah Medan

Taman Kanak-Kanak (TK) Aisyiyah Medan

Ibrahim Gultom, Dosen Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Medan

Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Medan

Downloads

How to Cite

Pohan, R., & Gultom, I. (2015). PENERAPAN METODE BERMAIN DAPAT MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DALAM PEMBELAJARAN SAINS DI TAMAN KANAK-KANAK. Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP), 7(2), 177–188. https://doi.org/10.24114/jtp.v7i2.1861