PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DAN KRETIVITAS TERHADAP HASIL BELAJAR KEWIRAUSAHAAN
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: hasil belajar siswa yang diajar dengan metode pembelajaran induktif lebih tinggi dari pada siswa yang diajar dengan menggunakan metode pembelajaran deduktif; hasil belajar siswa yang memiliki kreativitas tinggi dan siswa yang memiliki kreativitas rendah; dan interaksi antara metode pembelajaran dengan kreativitas terhadap hasil belajar kewirausahaan.Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI SMK Negeri 2 Kisaran yang berjumlah 11 kelas sebanyak 330 siswa. Teknik pengambalian sampel dengan Cluster random sampling. Teknik analisis dengan Anava dua jalur pada taraf sigifikan α = 0,05 yang dilanjutkan dengan uji Scheffe.Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: rata-rata hasil belajar kewirausahaan siswa yang di ajar dengan metode pembelajaran induktif lebih tinggi dari pada rata-rata hasil belajar kewirausahaan siswa yang diajar dengan metode pembelajaran deduktif; rata-rata hasil belajar kewirausahaan siswa yang memiliki kreativitas belajar tinggi lebih tinggi dari pada hasil belajar kewirausahaan siswa yang memiliki kreativitas belajar rendah; dan terdapat interaksi antara metode pembelajaran dan kreativitas terhadap hasil belajar kewirausahaan.
Kata Kunci: metode pembelajaran, kretivitas, hasil belajar kewirausahaan
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/jtp.v7i2.1862
Article Metrics
Abstract view : 199 timesPDF - 87 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP) is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.