MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING STARTS WITH A QUESTION KOMPETENSI DASAR ANALISIS VEKTOR UNTUK GERAK MATA PELAJARAN FISIKA DI KELAS XI IPA SMA NEGERI 3 MEDAN TAHUN PELAJARAN 2013/2014
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan model Pembelajaran Learning starts with a question pada mata Pelajaran Fisika.. Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas XI IPASMA Negeri 3 Medan Tahun Pelajaran 2013/2014 yang berjumlah 38 orang. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan 2 siklus, setiap siklus terdiri dari empat Tahap yaitu: perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi/evaluasi. Alat pengumpul data yang digunakan adalah observasi.Temuan hasil penelitian yang diperoleh yaitu hasil belajar dari setiap siklus dengan kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) 70 meningkat, dimana diperoleh prosentase ketuntasan pada siklus I mencapai 50% dan prosentase ketuntasan pada siklus II mencapai 92,11%.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi Pembelajaran Learning Start with a Question dapat meningkatkan hasil belajar siswa Fisika dalama spek kognitif, afektif, dan psikomtorik materi analisis vektor untuk gerak.
Kata Kunci:model pembelajaran learning starts with a question, analisis vector, gerak,
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/jtp.v7i2.1863
Article Metrics
Abstract view : 404 timesPDF - 189 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP) is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.