PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS LECTORA INSPIRE PADA MATERI LAPORAN HARGA POKOK

Nurvia Dwi Rahmawati, Joni Susilowibowo

Abstract


Abstrak: Penelitian pengembangan ini mempunyai tujuan untuk menghasilkan produk, menganalisis kelayakan serta respon peserta didik terhadap media pembelajaran interaktif berbasis lectora inspire pada materi laporan harga pokok di SMK Negeri 2 Tuban. Jenis penelitian ini ialah penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang dimodifikasi oleh Branch. Penelitian ini menggunakan data kualitatif dan kuantitatif dengan instrumen pengumpulan data berupa angket terbuka dan angket tertutup. Teknis analisis data yang digunakan berupa analisis deskriptif yang berkaitan dengan aspek efektivitas melalui angket. Media pembelajaran interaktif ini divalidasi oleh dua ahli materi dan satu ahli media, serta diiujicobakan kepada 20 peserta didik kelas XII Akuntansi SMK Negeri 2 Tuban. Hasil akhir validasi ahli materi sejumlah 89,13% dengan kategori “sangat layak”, validasi ahli media sejumlah 84,89% dengan kategori “sangat layak”, serta mendapat skor dari respon peserta didik sejumlah 94,22% dengan kategori “sangat memahami”. Sehingga dapat dinyatakan jika media pembelajaran ini sangat layak dipergunakan pada proses pembelajaran.

Kata Kunci: media pembelajaran interaktif, lectora inspire, laporan harga pokok

 

Abstract: This development research has the purpose to produce products, analyze the feasibility and response of students to interactive learning media based on Lectora inspire on the subject matter cost price report at SMK Negeri 2 Tuban. This type of research is development research using the ADDIE development model modified by Branch. This study uses qualitative and quantitative data with data collection instruments in the form of open questionnaires and closed questionnaires. Technical analysis of the data used in the form of descriptive analysis related to the aspect of effectiveness through the questionnaire. This interactive learning media was validated by two material experts and one media expert, and was trialled to 20 students of class XII Accounting of SMK Negeri 2 Tuban. The final result of material expert validation was 89,13% with the category "very worthy", the validation of media experts was 84.89% with the category "very worthy", and received a score of 94.22% in the responses of students in the "very understanding" category. So, it can be stated if the interactive learning media is very decent when used in the learning process.

Keywords: interactive learning media, lectora inspire, cost price report


Keywords


media pembelajaran interaktif, lectora inspire, laporan harga pokok

Full Text:

PDF

References


Abidin. 2014. Desain Sistem Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum 2013. Refika Aditama.

Fatkhurrohman, A., & Susilowibowo, J. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Menggunakan Cartoon Character Pada Materi Transaksi Perusahaan Manufaktur Kelas X AKL SMK Negeri 2 Buduran. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 7(2), 122-128.

Ionita, L. & Ionita, I. 2011. Lectora-a Complete e-Learning Solution. Makalah disajikan dalam The 6th International Conference on Virtual Learning ICVL.

Kanah, S. 2016. Pengembangan Media Pembelajaran Audio Visual (Video) Pada Materi Pengisian SPT Tahunan PPH Wajib Pajak Orang Pribadi Kelas XII Akuntansi Di SMK Negeri 10 Surabaya. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 1, 1–8.

Mas’ud, M. 2014. Membuat Multimedia Pembelajaran dengan Lectora. Yogyakarta: Pustaka Shonif.

Prastowo. 2015. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Diva Press.

Putra, A. P., Soepriyanto, Y., & Husna, A. 2019. Pengembangan Multimedia Game Edukasi Tentang Keragaman Masakan Khas Daerah-daerah di Indonesia Untuk Kelas V SD. Jurnal Kajian Teknologi. 299–306.

Rahmat, S. T. 2015. Pemanfaatan Multimedia Interaktif Berbasis Komputer Dalam Pembelajaran. Jurnal Pendiikan Dan Kebudayaan Missio, 7(2), 196–208.

Riduwan. 2016. Skala Pengukuran dan Variabel-Variabel Penelitian. Alfabeta.

Sudjana, N., & Achmad, R. 2017. Media Pengajaran. Sinar Baru Algensindo.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian & Pengembangan: Research and Development. Alfabeta.

Suryani, N., Setiawan, A., & Putria, A. 2018. Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya: Remaja Rosdakarya.

Wahyuni, Y. 2017. Identifikasi Gaya Belajar (Visual, Auditorial, Kinestetik) Mahasiswa Pendidikan Matematika Universitas Bung Hatta. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 10(2), 128–132.




DOI: https://doi.org/10.24114/jtp.v13i2.19081

Article Metrics

Abstract view : 881 times
PDF - 674 times

Refbacks





 Lisensi Creative Commons
Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP) is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.