IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DARING BERBASIS EDMODO PADA MATA KULIAH EVALUASI PROGRAM KEPELATIHAN DI MASA PANDEMI COVID-19

Sulia Ningsih

Abstract


Abstrak: Sistem pendidikan di Indonesia sejak awal tahun 2020 telah mengalami perubahan yang cukup signifikan akibat pandemi Covid-19. Pembelajaran daring menjadi solusi untuk mengurangi kemungkinan menyebarnya virus ini dengan menggunakan media online. Edmodo adalah salah satu media online yang dapat digunakan pada pembelajaran, termasuk pada mata kuliah Evaluasi Program Kepelatihan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi pembelajaran daring berbasis edmodo yang digunakan untuk pembelajaran daring pada mata kuliah Evaluasi Program Kepelatihan. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pemilihan edmodo sebagai media pembelajaran daring pada mata kuliah Evaluasi Program Kepelatihan didasarkan pada analisis kebutuhan mahasiswa dengan alasan kemudahan dan penguasaan aplikasi. (2) Perencanaan pembelajaran daring berbasis edmodo tergambar di rencana pembelajaran semester (RPS); (3) Implementasi pembelajaran daring berbasis edmodo dilaksanakan berdasarkan RPS dengan baik dan lancar; (4) Edmodo membantu pelaksanaan evaluasi pembelajaran untuk mengukur hasil belajar mahasiswa.

Kata Kunci: implementasi, pembelajaran daring, edmodo, covid-19

 

Abstract: The education system in Indonesia since the beginning of 2020 has undergone significant changes due to the Covid-19 pandemic. Online learning is a solution to reduce the possibility of spreading this virus by using online media. Edmodo is an online media that can be used in learning, including in the Coaching Program Evaluation course. This study aims to analyze the implementation of edmodo-based online learning which is used for online learning in the Coaching Program Evaluation course. The research method used is descriptive qualitative. The results showed that (1) The selection of Edmodo as an online learning medium in the Coaching Program Evaluation course was based on an analysis of student needs on the grounds of ease and mastery of applications. (2) Edmodo-based online learning planning is reflected in the semester learning plan (RPS); (3) The implementation of edmodo-based online learning is carried out well and smoothly based on RPS; (4) Edmodo helps implement learning evaluations to measure student learning outcomes.

Keywords: implementation, online learning, edmodo, covid-19


Keywords


implementation, online learning, edmodo, covid-19

Full Text:

PDF

References


Aditya , Y.E. (2016). Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Resitasi Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa . Jurnal SAP Vol. 1 No.2. 165-174

Arikunto, Suharsimi. (1990). Manejemen Pengajaran Secara Manusiawi . Jakarta: PT Penelitian. Bandung: Pustaka Setia

Arkorful, V., & Abaidoo, N. (2015). The role of e-learning, advantages and disadvantages of its adoption in higher education. International Journal of Instructional Technology and Distance Learning, 12(1), 29–42.

Dharmawati. (2017). Penggunaan media eLearning Berbasis Edmodo Dalam Pembelajaran English for Busines. Jurnal QUERY: Jurnal Sistem Informasi, 01 (01):43.

Istiqomah, Sri B.T. & Ninik Azizah. (2013). Penerapan Metode Blended Learning Berbasis ICT. Jurnal Eduhealth, 3 (2).

Kemendikbud (2020). Cegah Sebaran Covid-19 di Satuan Pendidikan, Kemendikbud Gandeng Swasta Siapkan Solusi Belajar Daring (Siaran Pers BKH Kemendikbud Nomor: 054/SIPRES/A6/ III/2020. 15 Maret 2020).

Khuluse, N. L. (2009). The effect of discipline on academic achievement in secondary school. mDissertation master of education. Department of Educational Psychology and Special Needs Education. Faculty of Educationat. University of Zululand.

Lopes, A. P. (2014). Learning management Systems in higher education. Proceedings of EDULEARN14 Conference (July), 5360–5365.

Mahase, E. (2020). Coronavirus: covid-19 has killed more people than SARS and MERS combined, despite lower case fatality rate . The BMJ. 2 (1), 150-159.

Merona. (2017). Kombinasi Tutorial Dengan Metode Tanya Jawab Untuk Meningkatkan Pemahaman Matematika Di Perguruan Tinggi. Jurnal “Mosharafa”, Volume 6, Nomor 1, 153-162

Putra, G.B., Arkan, F. (2017). Implementasi Sistem Bimbingan Tugas Akhir Mahasiswa Berbasis Web Server Dan Android. Seminar Nasional Vokasi dan Teknologi (SEMNASVOKTEK). Denpasar-Bali, 28 Oktober 2017

Rusdiana,A. Sulhan,M., Arifin, I.Z. Kamludin, U.K.., (2020). Penerapan Model POE2WE Berbasis Blended Learning Google Classroom Pada Pembelajaran Masa WFH Pandemic Covid-19. Karya Tulis Ilmiah (KTI) Masa Work From Home (WFH) Covid-19 UIN SGD Bandung Tahun 2020.

Sugiarto, Eko. (2015). Menyusun Proposal Penelitian Kualitatif Skripsi dan Tesis. Yogyakarta: Suaka Media.

Syafarina, G. A., Setiawan, A. (2019). Perancangan Aplikasi Rencana Pembelajaran Semester (RPS) Untuk Meningkatkan Pencapaian Pembelajaran bagi Dosen. Jurnal Ilmiah Technologia Vol 10, No. 4.

Tu’u, Tulus. (2004). Peran Disiplin Pada Perilaku dan Prestasi Siswa . Jakarta: Grasindo.

Yuliana. (2020). Coronavirus Disease (Covid-19). Wellness and Healthy Magazine. 2 (1), 187-192.




DOI: https://doi.org/10.24114/jtp.v13i2.19885

Article Metrics

Abstract view : 1787 times
PDF - 1162 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 Lisensi Creative Commons
Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP) is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

slot gacor slot